JRBL    

JRBL

Fokus, power, skills, tekad yang bulat dan bersandar kepada Tuhan mewujudkan prestasi di bidang non-akademik.

Go P.1 ….. Go . Go P.1    

Go P.1 ….. Go . Go P.1

Tekad dan semangat kami untuk mendukung tim DBL sekolah kami tercinta SMP Kristen Petra 1.

Festival Bahasa Smada    

Festival Bahasa Smada

Bahasa Inggris adalah jendela dunia. Mengasah kemampuan dan terus berlatih adalah tekad kami.

IJSO 2016    

IJSO 2016

Semangat, ketekunan serta keuletan dapat mencetak sang bintang prestasi IJSO 2016.

Brilliant Competition    

Brilliant Competition

Teamwork adalah kunci utama dalam meraih kemenangan karena di dalamnya ada kesatuan hati, toleransi dan saling mendukung.

Pentas Seni    

Pentas Seni

Cinta Indonesia adalah kebanggaan kami. Ayo lestarikan budaya Indonesia  melalui bakat yang kita miliki, melalui pentas seni.

Parenting    

Parenting

Kolaborasi harmonis antara sekolah dan orang tua dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.

Tutor Sebaya    

Tutor Sebaya

Saling peduli dan membantu sesama teman adalah nadi kami untuk maju bersama.

MPLS 2016-2017    

MPLS 2016-2017

Senyum, sapa dan salam merupakan bentuk kepedulian siswa SMP Kristen Petra 1 dalam menjalani aktivitas di lingkungan sekolah.

IJSO 2016    

IJSO 2016

International Junior Science Olympiad 2016

Lomba Hari Kemerdekaan    

Lomba Hari Kemerdekaan

Merdeka!! Merdeka!! Keceriaan, sukacita dan semangat para siswa dalam memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia

Hidup Sehat    

Hidup Sehat

Hidup sehat bukan hanya dari apa yang kita konsumsi, tetapi juga apa yang kita lakukan dengan lingkungan kita. Ayo cintai bumi kita !!

Cinta Indonesia    

Cinta Indonesia

"Cinta Indonesia" adalah motto di hati kami. Lestarikan budaya Indonesia adalah tugas dan kebangaan kami.

HUT RI    

HUT RI

Kepal tangan kami untuk membela dan berjuang demi tanah air tercinta Indonesia

Speech Competition    

Speech Competition

Mengukir prestasi, meraih harapan, dan berjuang untuk menjadi sang Juara.

Kerjasama    

Kerjasama

Kerjasama, stamina yang handal dan keuletan adalah wujud kesungguhan siswa SMP Kristen Petra 1 dalam meraih kesuksesan di bidang non akademik.

Meraih Impian    

Meraih Impian

Kami selalu berusaha membentuk para siswa agar berpengharapan dan meraih impian.

Menghargai Kebudayaan Indonesia    

Menghargai Kebudayaan Indonesia

Kebudayaan Indonesia salah satu citra siswa-siswi SMP Kristen Petra 1 dalam Pendidikan Karakter.

Lingkungan sekolah yang asri    

Lingkungan sekolah yang asri

membuat siswa siswi merasa nyaman belajar

Keceriaan    

Keceriaan

Siswa-siswi SMP Kristen Petra 1 dalam meraih cita-cita terwujud di sekolah ini

SMP Kristen Petra 1    

SMP Kristen Petra 1

Memberikan pendidikan terbaik untuk anak bangsa.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

It's Not About You and Me, Its About Us

Kegiatan character building kali ini mengangkat tema “Tidak mempersalahkan orang lain” dan juga “Hari Sumpah Pemuda”. Untuk itu, kegiatan dikemas dengan beberapa kegiatan lomba yang mengusung kedua tema tersebut.

Beberapa kegiatan lomba yang diadakan adalah vokal grup, mading kelas, dan sudut baca. Untuk vokal grup, masing-masing kelas diminta untuk mengirimkan 1 grup perwakilan dan menyiapkan peralatan musik yang akan digunakan. Kami diminta untuk membawakan lagu yang telah ditentukan sesuai dengan undian kelompok. Pada kesempatan ini, sebagian besar kelompok vokal kelas mempersiapkan kelompok dan tampil dengan baik.

Di masing-masing kelas, nampak beberapa dari kami yang tidak terlibat dalam vokal grup namun kami mengerjakan mading kelas, sebagian lainnya nampak sibuk menata sudut baca kelas agar sesuai dengan tema perjuangan ataupun tema budaya Indonesia. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, kami merasa enjoy dan berusaha mengerjakan dengan semaksimal mungkin.

Di akhir kegiatan, kami diajak berkumpul dan merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan selama sehari. Selain itu, kami diajak untuk sharing tentang apa yang dirasakan ketika kami dihadapkan pada situasi yang mendesak dalam mempersiapkan sesuatu, sudahkah yang terbaik yang diberikan oleh kami, apakah ketika terjadi kendala dalam persiapan lomba, kami mempersalahkan teman, guru, atau orang lain yang kami anggap sebagai penyebab dari terjadinya kesalahan tersebut.

Tidak hanya kami sebagai siswa tetapi Bapak dan Ibu implementer juga melakukan refleksi dan sharing pengalaman mereka ketika dalam kehidupan sehari-hari dihadapkan pada situasi yang mendesak. Ternyata Bapak dan Ibu implementer juga tidak lepas dari tindakan mempersalahkan orang lain, mereka juga pernah melakukan perbuatan tersebut. Namun, ketika kami sadar akan tindakan yang telah kami lakukan, upaya untuk mencari pemecahan masalah dengan pikiran yang jernih adalah cara yang paling tepat untuk tidak mempersalahkan orang lain.

tidak-mempersalahkan-5.jpgtidak-mempersalahkan-4.jpgtidak-mempersalahkan-6.jpgtidak-mempersalahkan-3.jpgtidak-mempersalahkan-1.jpgtidak-mempersalahkan-2.jpg

Discipline

Being a person with discipline is not easy. Although we know that it is the key to be successful. How to do it ? Is it easy or difficult ? It depends on us whether we want to do it or not.

First of all, we should know the meaning of discipline. According to the dictionary, discipline is a training expected to produce a specific character or pattern of behavior, especially training that produces moral or mental improvement. Most of us rarely do discipline in our life, for example : We get up late, we do not do our homework from teachers, we wear wrong uniform, our socks are lower than 5 cm, we do not study for the upcoming exams or remedial tests, and etc. Perhaps we have not realized it yet. But do not let ourselves to do undiscipline acts as our habits.

Luckily, through character building activitiy, our teachers remind us the importance of discipline in our life. Starting from the small thing that is a simple statement, “Change to be better”. We realize that being a person with good discipline is not so easy and we can start from simple things that can develop our discipline. First, set a target or goal that we are going to reach, for example: you want to be the student with the best discipline in your school. Second, warn yourself that there will be consequencies for not obeying the rules. And maybe you can set your own way to have good discipline.

Finally, discipline is the key to make us a successful person in every target we had set. Do not ever posptpone to start small thing that you can do first. Let’s start to have a better and wonderful future !!

discipline.png

Menggunakan Teknologi Dengan Bertanggung Jawab

Kemajuan teknologi semakin pesat dan kita tak boleh ketinggalan tentunya. Teknologi yang kita miliki sangat membantu kita dalam aktivitas sehari-hari contohnya saja internet yang sangat membantu kita dalam mengupdate pengetahuan yang kita butuhkan ataupun info-info terbaru. Facebook ataupun twitter yang memfasilitasi untuk chatting bersama teman. Tentu saja kemajuan teknologi ini memiliki kelebihan atupun kelemahan, terlebih bagi kita kalangan remaja yang tanpa kita sadari dapat mengesampingkan tugas dan kewajiban kita sebagai seorang pelajar.

Nah, pada kesempatan ini kita disegarkan kembali dengan adanya character building tentang menggunakan teknologi secara tanggung jawab. CB kali ini mengulas kemajuan teknologi di jaman yang serba instant dapat membuat kita melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan. Tentu saja kita diingatkan untuk tidak melakukan hal negatif dengan seluruh teknologi yang kita punya, seperti : cyberbullying, membajak film, mendownload film yang tidak sepantasnya dan lain-lainnya.

Justru sebaliknya, Kita harus dapat menggunakan teknologi yang kita miliki dengan tanggung jawab dan bijak untuk kemajuan kita. Meskipun banyak cobaan, kita tetap harus berpegang teguh pada Tuhan, dan tidak menggunakan teknologi untuk hal-hal yang buruk. Jika ada teman kita melakukan hal yang tidak benar kita wajib mengingatkan. Yuk teman-teman, kita menjadi remaja yang up to date dengan teknologi serta pengetahuan dan memegang teguh hal yang baik.

it

Pengendalian Diri

Mengendalikan diri ? wah kalimat ini tak asing dan sering kita dengar. Acap kali kita para remaja diminta untuk dapat mengendalikan diri kita dalam segala situasi. Dan hal ini tentu tidaklah mudah bagi kita. Ya kita menyadari bahwa kita masih labil dalam hal mengendalikan emosi kita. Kadangkala kita sudah berusaha namun masih juga gagal.

Nah pada kesempatan ini, kita mendapatkan pengetahuan yang membuat kita lebih menyadari pentingnya pengendalian diri. Tepatnya pada tanggal 17 Januari 2015. Seluruh siswa SMP Kristen Petra 1 Surabaya mendapat pendidikan karakter dengan tema yang cukup mengesankan yaitu tentang Pengendalian Diri. Maksud dari pengendalian diri yang dibicarakan ini adalah kita harus mampu mengendalikan diri dari segala aspek kehidupan yang ada. Sehingga kita dapat mengatur hidup kita menjadi lebih baik lagi. Dengan pengendalian diri ini, kita dapat menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak berkenan di mata Tuhan, contohnya mengendalikan diri untuk bermain. Kita harus bisa mengendalikan diri dengan cara memberi batas waktu yang kita tentukan sendiri. Sehingga di waktu kita bermain game seperti Dota 2, Point Blank, Ayodance, dll, kita tidak overtime. Godaan untuk bermain lebih dahsyat daripada komitmen kita. Nah disinilah kita dapat menunjukkan kemampuan kita dalam mengendalikan diri melawan godaan tersebut. Contoh lain adalah saat kita akan menghadapi ulangan, teman kita mengajak jalan ataupun nonton film kesenangan kita di bioskop. Hal ini tentu menggoda kita untuk mengesampingkan kewajiban kita dalam hal belajar, namun dengan kemauan kita untuk menolak godaan tersebut, berarti kita dapat mengendalikan diri kita.

Menjadi remaja yang gaul, keren dan berkarakter baik tentu tidaklah mudah. Dibutukan kemauan yang kuat untuk menolok berbagai macam godaan. Kuncinya adalah bagaimana kita dapat mengatur pola hidup kita dan dapat mengendalikan diri kita dalam segala hal.

pengendalian-diri

 

Menghormati Keragaman Budaya Lain

Indahnya Indonesiaku dengan segala keunikan yang ada didalamnya. Kami bersyukur akan negara kami Indonesia tercinta yang memiliki tak hanya pesona alam persada melainkan juga keunikan budaya.Budaya Indonesia dapat memukau tak hanya kami sebagai warga negara Indonesia melainkan juga turis manca negara.

Hari Sabtu pada bulan Desember 2014, SMP Kristen Petra 1 mengadakan kegiatan Character Building yang lain dari biasanya. Tema Character Building yang kali ini adalah “Menghormati Keragaman Budaya Indonesa”. Setiap kelas memiliki tema yang berbeda, ada yang Ambon, Bali, Papua, Sumatera dan banyak lagi lainnya. Tentu saja ini sangat menarik bagi kami karena kami dapat mempelajari dan lebih memahami keanekaragaman nusantara Indonesia.

Kami semua sangat berantusias. Berbagai persiapan dilakukan agar kegiatan yang akan kami lakukan dapat berjalan dengan lancar dan baik. Meja-meja dan kursi ditata untuk tempat para tamu serta berbagai stan yang nantinya akan melayani tamu. Tak lupa pula persiapan dekorasi kelas yang dipadu dengan tema natal. Semua tuan rumah berusaha menyiapkan segalanya dengan baik, dari makanan, mainan tradisional hingga presentasi mengenai budaya yang menjadi tema kelas kami.

Hari yang ditunggu pun tiba. Semuanya telah bersiap untuk memulai acara hari itu. Mascot dengan pakaian adat menarik sesuai dengan tema kelas kami. Kami bersiap-siap di depan pintu untuk menyambut para tamu yang akan datang ke kelas. Para penjaga stan pun juga telah menyiapkan berbagai hal yang akan kami tunjukkan kepada para tamu. Sajian makanan tradisional pun telah siap dihidangkan agar tamu dapat mencicipinya. Aroma harum dan sedap tercium dari stan makanan membuat banyak teman dan guru tergoda ingin cepat mencicipinya. Ada juga stan scrapbook yang tak mau kalah dalam mempersiapkannya. Mereka sibuk menghafal dan mencoba berbicara di depan tamu, begitu pula dengan stan mainan dan tuan rumah yang nantinya akan menyambut tamu serta mempresentasikan keunikan budaya yang dmiliki.

Acara pun dimulai tepat setelah bel berbunyi tanda jam istirahat selesai. Tuan rumah dan penjaga stan telah siap di tempat mereka masing-masing. Perwakilan 3 grup dari beberapa kelas datang secara bergiliran. Mereka datang dan melalui stan makanan terlebih dahulu. Kebetulan stan yang mereka datangi adalah Ambon. Hidangan sagu yang didampingi dengan santan dan juga dipadu dengan kuah ikan kuning sangat menggoda (makanan khas Ambon). Setelah itu mereka beralih ke stan scrapbook. Para penjaga stan scrapbook menjelaskan dengan detail mengenai sejarah, budaya, dan kehidupan sosial Ambon hingga sistem perkawinan di Ambon. Stan selanjutnya yang mereka datangi adalah stan mainan. Di sana mereka telah ditunggu untuk melihat cara bermain dari permainan ‘Bambu Gila’. Peragaan permainan ini membuat suasana makin ramai dengan tawa. Akhir acara 3 grup dari kelas lain dipersilakan duduk mendengarkan presentasi dari tuan rumah. Setelah itu, mereka keluar dan kembali ke kelas masing-masing.

Seiring berjalannya waktu, tak terasa kami harus kembali ke kelas kami masing-masing dan menceritakan pengalaman kami saat berada di kelas lain atau tepatnya saat berada di lingkungan budaya Indonesia lainnya. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar kami yang menjadi penjaga stan dan tuan rumah juga dapat tahu kebudayaan Indonesia lainnya. Semua acara pada akhirnya dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Acara Character Building kali ini mengajar banyak hal pada kami untuk dapat menghargai kebudayaan Indonesia yang beragam sekaligus mengajak kita untuk saling berbagi apapun termasuk pengetahuan. Kerjasama dan kekompakkan sangat diperlukan untuk membuat sesuatu dapat berjalan dengan baik dan lancar. Serta yang terakhir, jangan pernah lupa berdoa sebelum melakukan aktivitas apapun itu.

keragaman_budaya.jpg

boost the values reap the success