JRBL    

JRBL

Fokus, power, skills, tekad yang bulat dan bersandar kepada Tuhan mewujudkan prestasi di bidang non-akademik.

Go P.1 ….. Go . Go P.1    

Go P.1 ….. Go . Go P.1

Tekad dan semangat kami untuk mendukung tim DBL sekolah kami tercinta SMP Kristen Petra 1.

Festival Bahasa Smada    

Festival Bahasa Smada

Bahasa Inggris adalah jendela dunia. Mengasah kemampuan dan terus berlatih adalah tekad kami.

IJSO 2016    

IJSO 2016

Semangat, ketekunan serta keuletan dapat mencetak sang bintang prestasi IJSO 2016.

Brilliant Competition    

Brilliant Competition

Teamwork adalah kunci utama dalam meraih kemenangan karena di dalamnya ada kesatuan hati, toleransi dan saling mendukung.

Pentas Seni    

Pentas Seni

Cinta Indonesia adalah kebanggaan kami. Ayo lestarikan budaya Indonesia  melalui bakat yang kita miliki, melalui pentas seni.

Parenting    

Parenting

Kolaborasi harmonis antara sekolah dan orang tua dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.

Tutor Sebaya    

Tutor Sebaya

Saling peduli dan membantu sesama teman adalah nadi kami untuk maju bersama.

MPLS 2016-2017    

MPLS 2016-2017

Senyum, sapa dan salam merupakan bentuk kepedulian siswa SMP Kristen Petra 1 dalam menjalani aktivitas di lingkungan sekolah.

IJSO 2016    

IJSO 2016

International Junior Science Olympiad 2016

Lomba Hari Kemerdekaan    

Lomba Hari Kemerdekaan

Merdeka!! Merdeka!! Keceriaan, sukacita dan semangat para siswa dalam memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia

Hidup Sehat    

Hidup Sehat

Hidup sehat bukan hanya dari apa yang kita konsumsi, tetapi juga apa yang kita lakukan dengan lingkungan kita. Ayo cintai bumi kita !!

Cinta Indonesia    

Cinta Indonesia

"Cinta Indonesia" adalah motto di hati kami. Lestarikan budaya Indonesia adalah tugas dan kebangaan kami.

HUT RI    

HUT RI

Kepal tangan kami untuk membela dan berjuang demi tanah air tercinta Indonesia

Speech Competition    

Speech Competition

Mengukir prestasi, meraih harapan, dan berjuang untuk menjadi sang Juara.

Kerjasama    

Kerjasama

Kerjasama, stamina yang handal dan keuletan adalah wujud kesungguhan siswa SMP Kristen Petra 1 dalam meraih kesuksesan di bidang non akademik.

Meraih Impian    

Meraih Impian

Kami selalu berusaha membentuk para siswa agar berpengharapan dan meraih impian.

Menghargai Kebudayaan Indonesia    

Menghargai Kebudayaan Indonesia

Kebudayaan Indonesia salah satu citra siswa-siswi SMP Kristen Petra 1 dalam Pendidikan Karakter.

Lingkungan sekolah yang asri    

Lingkungan sekolah yang asri

membuat siswa siswi merasa nyaman belajar

Keceriaan    

Keceriaan

Siswa-siswi SMP Kristen Petra 1 dalam meraih cita-cita terwujud di sekolah ini

SMP Kristen Petra 1    

SMP Kristen Petra 1

Memberikan pendidikan terbaik untuk anak bangsa.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

Mengenal Arti Persahabatan dan Persaingan Sehat

Dalam 13th INTERNATIONAL JUNIOR SCIENCE OLYMPIAD

IJSO-ADIT

Setelah rangkaian kompetisi OSN 2016 berakhir, saya Aditya David Wirawan, siswa SMP Kristen Petra 1, kembali ke Surabaya dengan membawa medali Perak bidang IPA dan sebuah harapan untuk terpilih menjadi Tim Indonesia di ajang 13th IJSO - International Junior Science Olympiad.

Pada tanggal 24 Agustus 2016, tiga puluh peraih medali OSN IPA SMP mendapat undangan untuk mengikuti Training Center tahap 1 IJSO di Bandung. Saya menyadari Training Center 1 (TC 1) ini adalah pintu gerbang pertama yang akan mengawali petualangan meraih tempat sebagai Tim Indonesia di IJSO. Pada acara pembukaan TC 1, Pak Budhy Kurniawan selaku salah satu Dosen Pengajar di TC menjelaskan bahwa kami harus siap bersaing karena dari 30 peserta TC I ini akan dieliminasi menjadi 15 peserta TC 2 dan akhirnya hanya akan ada 12 siswa terbaik yang berhak mewakili Indonesia dan memperoleh pelatihan di Depok. Mendengar penjelasan tersebut, saya tahu bahwa persaingan antara kami akan sangat ketat. Bagaimana tidak? 30 anak yang duduk bersama TC 1 ini adalah siswa -siswi terbaik dan peraih medali OSN.

Bersaing bersama mereka adalah pengalaman paling berharga yang tak akan terlupakan karena di Training Center ini kami bukan hanya belajar materi Fisika – Biologi - Kimia, mengerjakan serangkaian tes, tetapi juga hidup mandiri dalam karantina dari keluarga dan sekolah. Tanggal 24 Agustus 2016 – 30 November 2016 adalah masa Training Center 3, kami menjalani persaingan yang sangat sehat. Saat ada teman yang tereliminasi, kami yang bertahan sadar, bahwa kami membawa harapan dari teman tersebut untuk tetap berjuang membawa nama Indonesia lewat bidang yang sangat kami sukai yaitu Science. Sistem penilaian yang sangat ketat, hasil psikotes dan pantauan dari Tim Psikologi Universitas Indonesia, sikap kritis, disiplin, kemandirian belajar, dan stamina berhasil menyaring dan sekaligus membuat kami saling menghormati satu sama lainnya.

Akhirnya, pada tanggal 2 Desember 2016, 12 siswa Tim IJSO Indonesia berangkat ke Bali ditemani oleh para Dosen Pembimbing gabungan dari UI dan ITB. Tes kompetisi IJSO berlangsung pada tanggal 4 Desember 2016 (Multiple Choice Question), 6 Desember 2016 (Essay) dan 8 Desember 2016 (Experimental Test). Pada Experimental Test, kedua siswa wakil SMP Kristen Petra masuk dalam 1 grup, di mana saya Aditya David Wirawan siswa SMP Kristen Petra 1, bertanggung jawab mengerjakan eksperimen Biologi tentang analisis morfologi buah pala dan Winston Cahya siswa SMP Kristen Petra 3, mengerjakan eksperimen Fisika tentang perhitungan daya dan kalor. Kami dapat bekerjasama dengan baik.

Selain mengerjakan Tes IJSO yang diikuti oleh 276 siswa dengan usia maksimal 15 tahun dari 48 Negara ini, kami diajak refreshing ke tempat menarik di pulau Dewata serta menikmati budaya yang ada. Senang dan seru menikmati pemandangan yang ada tetapi juga galau memikirkan ketidak sempurnaan mengerjakan soal, perasaaan optimis-pesimis bak roller coster yang kami tahu akan terjawab tuntas pada……jeng jeng jeng….

Tanggal 10 Desember 2016 adalah Awarding Ceremony yang tertempat di Grand Ballroom Bali Hyatt. Di baris terdepan panggung, saya melihat para dosen pembimbing yang telah memoderasi jawaban kami di hadapan juri. Hadir pula guru dari 12 sekolah Tim Indonesia yang diundang khusus untuk menyaksikan acara puncak IJSO. Saya melihat wajah teduh Pak Arif guru pendamping SMP Kristen Petra 1. Dalam hati saya berdoa semoga tidak mengecewakan kehadiran beliau.

Saat mendengar nama saya disebut menjadi peraih medali emas, saya sadar bahwa dalam kalungan medali emas ini ada banyak doa tulus para guru dan orang tua yang menyertai jatuh bangun perjuangan dari awal TC sampai hari terakhir mengerjakan tes, kerja keras para dosen yang dengan manis dijawab Tuhan.

Puji Tuhan, Winston Cahya dari SMP Kristen Petra 3 juga meraih medali emas. Secara total Tim Indonesia di 13th IJSO 2016 mendapat 5 medali emas dan 7 perak. Hasil gemilang ini menempatkan Indonesia di peringkat 2 Best Countries. Senang melihat wajah ceria para guru yang hadir, menjabat tangan penuh terima kasih pada dosen pembimbing dari UI dan ITB yang telah berjasa besar mengantar kami siap bersaing dengan negara peserta IJSO lain. Terutama, Tim Indonesia sangat bahagia karena bukan saja berhasil melampaui target yang ditetapkan Kemdikbud, kami juga pulang sebagai sahabat dan saudara sejati. May God bless us all, my awesome friends. See you in the next challenge.

boost the values reap the success