| |

Terima Kasihku kepada Guruku

25 November merupakan hari yang istimewa bagi bapak dan ibu guru, karena pada hari ini kami memperingati Hari Guru Nasional. Tahun ini OSIS mempersiapkan kejutan untuk guru-guru SMP Kristen Petra 1. OSIS ingin memberikan bingkisan dan membuat acara perayaan yang istimewa sebagai persembahan untuk bapak dan ibu guru. Oleh karena itu, OSIS menyiapkan penampilan drama, menyanyi, menyampaikan ucapan terima kasih, serta testimoni dari OSIS, ketua kelas VII, VIII, dan IX, bahkan menghadirkan alumni dan orang tua wali murid SMP Kristen Petra 1 sebagai kejutan.

 
Screenshot_20.jpgScreen_Shot_2021-11-25_at_7.32.10_AM.jpgIMG_6011_Copy.jpgIMG20211125082825_01.jpg

Persiapan yang dilakukan cukup singkat, kami hanya rapat sekitar 4-5 kali. Mori sebagai ketua OSIS SMP Kristen Petra 1, membagi acara sesuai minat dan kemampuan setiap anggota OSIS. Setelah membagi penampilan yang sesuai dengan minat dan bidang siswa, ada usulan yang menarik dari salah satu anggota OSIS yaitu Cristio. Cristio mengusulkan agar OSIS membuat drama yang ditampilkan secara langsung pada saat zoom bersama bapak dan ibu guru. Pada drama tersebut OSIS memerankan beberapa guru yang ada di SMP Kristen Petra 1. Wah…. itu ide yang sangat baik, kami semua mendukung dan menyetujui ide tersebut. Meskipun persiapan dan penampilannya dilakukan ditenggah persiapan PAS, tetapi kami OSIS sangat bersemangat untuk merayakan Hari Guru. Karena Hari Guru adalah salah satu hari yang paling spesial buat kami, yang patut dirayakan setiap tahun. Bagi kami para murid, guru adalah penentu awal yang mendidik mental, karakter, kepribadian, dan kecerdasan kami yang nantinya menjadi modal kami menjadi tonggak-tonggak kemajuan negeri di masa yang akan datang. Selain itu, kami juga ingin menunjukkan rasa terima kasih kami atas semua yang sudah diberikan oleh guru-guru kami.

Kamis, 25 November 2021 akhirnya tiba, saat acara berlangsung kami semua sangat antusias, kami harus bangun pagi dan siap pukul 07.00 untuk bergabung dalam zoom briefing pagi bapak dan ibu guru. Cristio yang berperan sebagai Mr. Thomas sudah berdandan dengan totalitas. Cristio menaburi rambutnya menggunakan serbuk masker agar kelihatan putih, baju biru yang senada dengan seragam guru dan kaca mata serta kumis palsu. Sungguh lucu sekali penampilannya saat itu. Sebenarnya Cristio merasa takut dan cemas saat drama, “Menjadi Mr Thomas sebenarnya tidak terpikirkan dan sempat dredeg.... takut Mr. Thomas tidak berkenan nantinya, ” kata Cristio. Tapi Puji Tuhan segala kekuatiran Cristio tidak terjadi, semua berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Bapak dan ibu guru juga memuji penampilan kami dan terharu atas persembahan dari kami. Mungkin apa yang kami lakukan tidak sebanding dengan apa yang sudah guru-guru berikan kepada kami, namun ini adalah bentuk kasih dan ucapan terima kasih dari kami kepada para guru.

Naomi Cindy N

Pelantikan Tim Siswa Satgas Covid-19

Sudah lebih dari satu tahun berlalu sejak pemerintah memutuskan bahwa seluruh pelajar di Indonesia melakukan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh atau daring yang dilakukan sejak Maret 2020 bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Setelah melewati masa yang begitu sulit hingga akhirnya ditemukan vaksin yang bisa melindungi tubuh dari virus, maka pemerintah mulai memberikan izin kepada sekolah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Nah, agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka, sekolah perlu memenuhi persyaratan yang ketat.

satgas 2

Beberapa persyaratan tersebut adalah, terlaksananya proses vaksinasi bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan, menerapkan protokol kesehatan, memiliki fasilitas yang mendukung protokol kesehatan dan juga memiliki tim Satgas Covid-19.

SMP Kristen Petra 1 adalah salah satu sekolah di Surabaya yang dipercaya untuk dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Kristen Petra 1 telah mendapatkan vaksin, baik dosis pertama maupun kedua. Dari segi fasilitas dan protokol kesehatan, tentu SMP Kristen Petra 1 tidak perlu diragukan lagi. Salah satu yang membanggakan adalah Tim Satgas Covid-19 di SMP Kristen Petra 1 tidak hanya berasal dari pendidik dan tenaga kependidikan saja, tetapi juga dari siswa.

satgas 2

Pada tanggal 3 September 2021 di Balai Kota, Bapak Eri Cahyadi Walikota Surabaya melantik Tim Siswa Satgas Covid-19 yang salah satunya adalah siswi SMP Kristen Petra 1, Naomi Cindy Novelina. Naomi ingin berbagi pengalaman saat mengikuti pelantikan Satgas Covid-19. Upacara pelantikan Tim Siswa Satgas Covid-19 dilakukan pada pukul 08.00 di halaman Balai Kota Surabaya. Pada saat upacara bapak Walikota memberikan beberapa nasihat, salah satunya mengenai tugas dan kewajiban sebagai Satgas Covid-19 di sekolah. Tim Siswa Satgas Covid-19 diharapkan dapat menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan di sekolah masing-masing, dan juga mengajak semua siswa menciptakan suasana sekolah yang nyaman dan aman selama proses tatap muka. Beliau berpesan agar Tim Siswa Satgas Covid-19 dapat selalu mensosialisasikan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, tidak boleh ragu dan melangkahkan mundur untuk mengatakan hal yang benar, dan semangat membuktikan bahwa sekolahnya adalah sekolah yang sehat.

satgas 2 satgas 2

Setelah upacara selesai, semua diminta untuk foto bersama dengan pak Walikota. Bahkan juga direkam video menggunakan drone. Saat itu, banyak sekali yang ingin siswa dan wartawan yang berfoto dan mewawancarai pak Walikota hingga akhirnya Naomi mengurungkan niat untuk meminta foto. Tetapi beruntung sekali karena di akhir kegiatan Naomi mendapat kesempatan untuk bisa berfoto bersama pak Walikota. Sungguh pengalaman yang luar biasa saat itu. Terimakasih Tuhan buat semuanya.

Shape Your Creativity, Be Impactfull

Haiii semua!! Apa kabar? Semoga kalian sehat-sehat yaaa! Ada kabar gembira nih, kemarin pada tanggal 4 September 2021 Summer Fest SMP Kristen Petra 1 hadir kembali loh…. Petra 1 Summer Fest hadir untuk memberi fasilitas bagi seluruh anak-anak SD dalam menampilkan bakat dan mengasah kemampuan mereka dalam berbagai lomba. d Petra 1 Summer Fest tahun ini mengambil tema “Shape your creativity, Be impactful”. Lomba-lomba yang dihadirkan antara lain, English Story Telling, Maths & Science, Solo Vocal, and ART.

 
WhatsApp_Image_2021-09-27_at_11.05.09.jpegWhatsApp_Image_2021-09-27_at_11.03.21.jpegWhatsApp_Image_2021-09-27_at_11.10.07.jpeg

Sekalipun acara Summer Fest dilangsungkan secara online seperti tahun lalu, hal itu tidak mengurangi keceriaan dan semangat tim SMP Kristen Petra 1 untuk menyambut para peserta yang hadir dari Sabang sampai Merauke. Dengan dipandu oleh MC, acara Summer Fest dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan diawali dengan doa bersama. Setelah itu, dilanjutkan sambutan dari Kepala Sekolah yang memberikan semangat bagi peserta. Nah, agar lebih semangat para hadirin diajak untuk menyaksikan tampilan dan hasil karya siswa SMP Kristen Petra 1. Pada pukul 09.00 WIB, perlombaan pun dilangsungkan di masing-masing room.

Oh.. ya… untuk para peserta yang tidak masuk ke babak selanjutnya tentu tetap diberikan fasilitas yaaa…. mereka mendapat tayangan video mengenai pembentukan karakter, video mengenai organisasi sekolah, dan virtual tour SMP Kristen Petra 1, serta ada pembagian souvenir bagi yang beruntung.

Acara Summer Fest tidak berhenti di perlombaan saja. Setelah istirahat selesai, kegiatan dilanjutkan dengan special performance secara live. Tentunya performance tersebut menarik dan mengajak peserta untuk mengenal program collaborative learning di SMP Kristen Petra 1. Apa itu collaborative learning? collaborative learning adalah serangkaian kegiatan yang tidak hanya mencakup satu mata pelajaran saja, tapi dikolaborasikan dengan mata pelajaran yang lainnya. Sehingga penugasannya tidak memberatkan siswa, karena satu kegiatan, bisa untuk pengambilan nilai beberapa mata pelajaran. Wow, menarik bukan? Untuk performance yang pertama, yaitu eksperimen sederhana “Kromatografi” yang bisa diikuti oleh perserta dari rumah masing-masing dan yang kedua, yaitu “Workout From Home” . Antusias dari peserta begitu terlihat, saat mengikuti kegiatan eksperimen dengan seksama, bahkan guru dan orang tua pendamping juga mengikuti workout from home dengan penuh sukacita.

Setelah special performance secara live selesai. Kegiatan Summer Fest diakhiri dengan pengumuman pemenang setiap lomba dan ditutup dalam doa. Puji Tuhan.... acara Summer Fest berjalan dengan lancar. Sampai jumpa di acara selanjutnya yaaa!! Tuhan Yesus memberkati!!!

 

Virtual Open House 2020

Virtual Open House adalah salah satu acara yang diadakan oleh SMP Kristen Petra 1 untuk mengenalkan berbagai program, fasilitas, serta sistem pembelajaran yang ada. Saya, Arthur Kenneth mendapat kesempatan untuk berperan sebagai MC di acara virtual open house tersebut. Meski awalnya ada rasa sedikit takut untuk berbicara dan gugup, tapi saya terus berusaha memberanikan diri dan memberikan yang terbaik. Dengan adanya latihan dan pembinaan dari para guru, saya  menjadi percaya diri dan saya lebih bisa untuk berekspresi dan berkata-kata tanpa grogi. Bahkan saat acara telah tiba, saya merasa lebih excited untuk membawakan peran sebagai MC.

image_003.jpgimage_002.jpgimage_001.jpg

Saat acara dimulai, saya mencoba untuk berkomunikasi dengan menyapa peserta Virtual Open House dan memperkenalkan para narasumber acara tersebut, yaitu Kepala Sekolah SMP Kristen Petra 1, Wakil Kepala Sekolah, serta orang tua siswa alumni SMP Kristen Petra 1. Inti acara ini diawali dengan penyampaian visi-misi sekolah, fasilitas, prestasi yang diraih siswa serta excellent points, yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP Kristen Petra 1. Selama mendengar presentasi tersebut, saya merasa bersyukur menjadi salah satu murid di SMP Kristen Petra 1. Sekolah saya begitu memperhatikan siswa dalam pembelajaran, mendukung siswa dalam mengembangkan kelebihan dibidang akademik maupun non akademik, dan memberikan fasilitas terbaik untuk membantu kelancaran proses kegiatan siswa. Bahkan, saat pandemi covid-19 yang tidak mengijinkan sekolah seperti biasanya bertatap muka langsung, SMP Kristen Petra 1 masih tetap mengadakan pembelajaran online agar kami para siswa tidak ketinggalan pelajaran. Ketika diakhir inti acara, orang tua alumni siswa SMP Kristen Petra 1 juga menyampaikan kesan dan pesan, bagaimana peran SMP Kristen Petra 1 untuk membimbing serta memberikan fasilitas dalam proses pencapaian suatu prestasi. Kemudian, acara ini ditutup dengan sesi QnA bagi para peserta Virtual Open House yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai sekolah.

Puji Tuhan saya dapat berpartisipasi dari awal sampai akhir dalam acara ini, serta saya juga bisa mendapat pengalaman berharga untuk terlibat mengenalkan sekolah tercinta SMP Kristen Petra 1. And I hope Petra 1 Christian Junior High School will be the best school. Amin.

Dare to Shine

17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur, SMP Kristen Petra 1 memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengadakan berbagai perlombaan bagi para siswa. Dare to Shine diangkat sebagai tema untuk kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun. Dengan tema ini, diharapkan para siswa mampu untuk berani menjadi terang bagi sesama dalam situasi apapun dan dimanapun berada.

Albums

Kegiatan perlombaan kali ini diikuti oleh siswa-siswi kelas VII sampai dengan kelas IX secara daring.  Oleh karena itu, keterlibatan wali kelas dan mentor juga sangat berdampak positif bagi terciptanya semangat para siswa untuk mengikuti perlombaan ini. Dengan diadakannya kegiatan lomba secara daring, para siswa dapat bekerja sama dengan keluarga mereka. Diharapkan, kerja sama dan relasi para siswa dengan keluarga mereka dapat semakin erat terjalin. Terlebih lagi, kegiatan perlombaan kali ini dapat mengasah kemampuan siswa dibidang teknologi. Sehingga, selain terjalinnya relasi yang erat antara anak dan orang tua, siswa juga dapat semakin terbuka dengan perkembangan teknologi. Kegiatan perlombaan kali ini terdiri dari 4 jenis lomba, yakni lomba menyanyi, lomba menari, lomba poster, dan Pass the Flag Challenge. Para siswa terlihat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Hasil akhir yang didapatkan dari kegiatan lomba kali ini adalah dalam bentuk foto dan video. Oleh karena itu, platform yang digunakan untuk pengumpulan karya-karya siswa adalah Instagram, dengan harapan karya-karya luar biasa dari para siswa mampu membawa dampak positif dan menjadi inspirasi bagi sesama. Bagi yang ingin melihat hasil karya siswa-siswi SMP Kristen Petra 1 yang luar biasa dapat mengunjungi akun Instagram @we.are.trone. Jangan lupa follow, like and share yaa..

boost the values reap the success