| |

Kelulusan Siswa Kelas IX SMP Kristen Petra 1: Generasi New Normal

Naik kuda menggunakan pelana
Pelananya yang warna merah
Meskupun terpisah jarak karena korona
Acara tetap meriah

1591961467046.jpgBill.jpg91_Bradley_Widjaja_4.jpgIMG-20200612-WA0005.jpg910_Setio_Giovanni.jpg

Sebuah pantun pembuka yang dibacakan untuk mengawali acara kelulusan siswa kelas IX SMP Kristen Petra 1 tahun ajaran 2019/2020. Kelulusan tahun ini memang berbeda diabanding tahun-tahun sebelumnya karena pandemic Covid-19. Acara yang biasanya dilangsungkan secara meriah di sekolah tahun ini dilaksanakan secara daring. Sekalipun dilakukan secara daring tidak mengurangi kemeriahan acara kelulusan karena dimeriahkan oleh penampilan dance dan nyanyian yang luar biasa dari siswa siswi SMP Kristen Petra 1. Acara awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Ibadah syukur yang dilayani oleh Bapak Pendeta Marojahan Sijabat. 

Setelah ibadah kita masuk ke acara utama yaitu prosesi pengalungan medali dan pengumuman serta penghargaan bagi siswa berprestasi. Juara Umum 1 diraih oleh Braley Widjaja dari kelas IX-1, Juara Umum 2 diraih oleh Sherly Anastasia dari kelas IX-3 dan Juara Umum 3 diraih oleh Fiona Zhang dari kelas IX-3. Selain pengumuman Juara Umum ada juga penghargaan bagi siswa berprestasi OSN, yaitu Kevin Lius Bong dari kelas IX-3, dan penghargaan bagi siswa berprestasi di bidang nonakademik antara lain Tim Basket Putra dan Putri serta Tim Dance di ajang JRBL. Wah.. selamat ya!!

Seusai pengalungan medali dan pengumuman siswa berprestasi acara selanjutnya adalah catatan akhir sekolah. Sebuah video kilas balik perjalanan siswa siswi kelas IX selama bersekolah di SMP Kristen Petra 1. Dalam video catatan akhir sekolah terdapat juga pesan dan kesan dari Bapak Ibu Wali Kelas, perwakilan alumni dan orangtua. Acara ditutup dengan pembacaan janji alumni dan menyanyikan lagu Mars Petra serta persembahan lagu dari Bryant, Rachel, Olivia dan Theophilus. Graduation is not the peak of your journey. This is the new beginning of your next journey because learning is such a never ending process.

Video Pelepasan Siswa Kelas IX Tahun 2019/2020

Music Club Mempersembahkan Konser Lantai Dasar II Dengan Tema “Movies Soundtracks Collection”

IMG20191115092158

Music Club merupakan salah satu komunitas yang dibentuk untuk mewadai bakat musik dan vokal yang dimiliki oleh para siswa di SMP Kristen Petra 1 Surabaya. Asal mula berdirinya Music Club ini dimulai dari ide para siswa yang memiliki kerinduan untuk bermain musik bersama dalam sebuah komunitas, layaknya komunitas yang sudah terbentuk sebelumnya seperti English Club dan Mandarin Club. Hadirnya Music Club memberikan warna baru tersendiri bagi para siswa untuk semakin termotivasi dalam mengembangkan bakat musik atau vokal yang mereka miliki. “Ikut Music Club sangat seru dan mengasyikan, selain dapat mengembangkan bakat bernyanyi, aku juga dapat banyak teman baru” ujar Amanda (8.10) salah satu anggota Music Club. Sebanyak 40 siswa sudah tercatat bergabung dalam komunitas ini. Jumlah anggota tersebut terbilang cukup banyak untuk sebuah komunitas di sekolah. Hal ini mencerminkan bahwa Music Club merupakan salah satu komunitas yang sangat digemari oleh para siswa. Kegiatan dalam komunitas ini sangat beraneka ragam, salah satunya untuk menyalurkan bakat dan belajar bersama.

IMG20191115092351

Jumat (15/11), Music Club mengadakan Konser Lantai Dasar II featuring ELS dan BLS yang diselenggarakan di sentra sekolah. Konser Lantai Dasar (KLD) II ini merupakan salah satu program Music Club yang diadakan setiap satu kali dalam satu semester. Acara ini berlangsung pada saat jam istirahat pertama dan jam istirahat kedua. Berbeda dengan KLD I yang bertema “Wonderful Indonesia” dan menampilkan lagu daerah hingga lagu pop, dalam KLD II kali ini tema yang diangkat adalah “Movies Soundtracks Collection”. Sesuai dengan temanya, lagu-lagu yang dibawakan juga terinspirasi dari soundtrack beberapa film layar lebar yang cukup terkenal, antara lain: Beauty and The Beast ost. Beauty and The Beast, Everything I Need ost. Aquaman, My Heart Will Go On ost. Titanic, Mission Impossible Theme Song, He’s a Pirates Theme Song of Pirates of The Caribean, True Colours ost. Boheiman Rhapsody, and Speechless ost. Aladdin. Setiap lagu yang dibawakan dikemas dalam sebuah harmonisasi yang indah dan unik. Penampilan yang ditampilkan juga sangat beragam antara lain solo vokal, duet vokal, string quartet, guitar ansamble, dan angklung ansamble.

MPLS 2019

IMG_0593.jpgIMG_0294.jpgIMG_0226.jpgIMG_0433.jpgIMG_0408.jpg
 

Haii semua! Setelah liburan yang panjang ini kita kembali lagi masuk ke sekolah dan memulai aktivitas sehari-hari lagi di sekolah. Seperti biasa di ajaran yang baru dimulai dengan masa perkenalan lingkungan sekolah atau yang akrab kita ingat LOS atau layanan orientasi siswa, selalu diadakan setiap tahun ajaran baru yang tentunya di tahun ini juga demikian. Seperti yang sudah dijalankan sebelumnya, layanan orientasi siswa di sekolah kami diadakan selama 3 hari pada hari Senin, 15 Juli 2019 sampai Rabu, 17 Juli 2019. Layanan orientasi siswa ini diikuti oleh adik-adik kelas VII dan beberapa siswa baru di kelas VIII maupun kelas IX. Tujuan adanya layanan orientasi siswa supaya anggota keluarga baru SMP Kristen Petra 1 Surabaya dapat lebih mengenali teman-teman barunya, guru-guru barunya, dan juga sekolah barunya.

Kunjungan ke Petra Togamas

IMG 20190612 WA0012

Liburan sebentar lagi...yeee....begitu pekik para siswa-siswi SMP Kristen Petra 1 setelah mereka menjalani rangkaian penilaian akhir tahun. Namun sebelum libur, ada kegiatan yang menarik minat siswa salah satunya adalah kunjungan ke toko buku diskon Petra Togamas. Pada hari Rabu, 12 Juni 2019 anggota Lentera, Sahabat Perpustakaan, dan perwakilan masing-masing siswa kelas 7 SMP Kristen Petra 1 didampingi guru pengajar Bahasa Indonesia berkunjung ke toko buku diskon Petra Togamas yang terletak di Jalan Pucang Anom Timur, Surabaya. Kami serombongan yang berjumlah 110 orang dengan memakai 2 bus berangkat dari sekolah secara bersama-sama.

Sesampainya disana, kami mendengarkan penyampaian materi tentang media sekolah yaitu salah satunya tentang pembuatan majalah sekolah. Kami mendengarkan presentasi tentang bagaimana cara membuat artikel yang baik, bagaimana menciptakan majalah sekolah yang menarik minat pembaca, dan lain sebagainya. Selesai penyampaian materi, diadakan sesi tanya jawab terkait dengan materi yang disampaikan. Beberapa siswa mengajukan pertanyaan yang langsung dijawab oleh pemateri sehingga para siswa menjadi semakin jelas.  

Selesai kegiatan presentasi dan tanya jawab, para siswa diajak berkeliling ke toko buku Petra Togamas. Mereka berkeliling sambil mencari-cari buku yang bisa menunjang untuk penyelesaian tugas mereka, yaitu membuat resensi buku baik fiksi maupun non-fiksi.

boost the values reap the success