| |

Virtual Open House 2020

Virtual Open House adalah salah satu acara yang diadakan oleh SMP Kristen Petra 1 untuk mengenalkan berbagai program, fasilitas, serta sistem pembelajaran yang ada. Saya, Arthur Kenneth mendapat kesempatan untuk berperan sebagai MC di acara virtual open house tersebut. Meski awalnya ada rasa sedikit takut untuk berbicara dan gugup, tapi saya terus berusaha memberanikan diri dan memberikan yang terbaik. Dengan adanya latihan dan pembinaan dari para guru, saya  menjadi percaya diri dan saya lebih bisa untuk berekspresi dan berkata-kata tanpa grogi. Bahkan saat acara telah tiba, saya merasa lebih excited untuk membawakan peran sebagai MC.

image_003.jpgimage_002.jpgimage_001.jpg

Saat acara dimulai, saya mencoba untuk berkomunikasi dengan menyapa peserta Virtual Open House dan memperkenalkan para narasumber acara tersebut, yaitu Kepala Sekolah SMP Kristen Petra 1, Wakil Kepala Sekolah, serta orang tua siswa alumni SMP Kristen Petra 1. Inti acara ini diawali dengan penyampaian visi-misi sekolah, fasilitas, prestasi yang diraih siswa serta excellent points, yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMP Kristen Petra 1. Selama mendengar presentasi tersebut, saya merasa bersyukur menjadi salah satu murid di SMP Kristen Petra 1. Sekolah saya begitu memperhatikan siswa dalam pembelajaran, mendukung siswa dalam mengembangkan kelebihan dibidang akademik maupun non akademik, dan memberikan fasilitas terbaik untuk membantu kelancaran proses kegiatan siswa. Bahkan, saat pandemi covid-19 yang tidak mengijinkan sekolah seperti biasanya bertatap muka langsung, SMP Kristen Petra 1 masih tetap mengadakan pembelajaran online agar kami para siswa tidak ketinggalan pelajaran. Ketika diakhir inti acara, orang tua alumni siswa SMP Kristen Petra 1 juga menyampaikan kesan dan pesan, bagaimana peran SMP Kristen Petra 1 untuk membimbing serta memberikan fasilitas dalam proses pencapaian suatu prestasi. Kemudian, acara ini ditutup dengan sesi QnA bagi para peserta Virtual Open House yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai sekolah.

Puji Tuhan saya dapat berpartisipasi dari awal sampai akhir dalam acara ini, serta saya juga bisa mendapat pengalaman berharga untuk terlibat mengenalkan sekolah tercinta SMP Kristen Petra 1. And I hope Petra 1 Christian Junior High School will be the best school. Amin.

Dare to Shine

17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur, SMP Kristen Petra 1 memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengadakan berbagai perlombaan bagi para siswa. Dare to Shine diangkat sebagai tema untuk kegiatan peringatan kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun. Dengan tema ini, diharapkan para siswa mampu untuk berani menjadi terang bagi sesama dalam situasi apapun dan dimanapun berada.

Albums

Kegiatan perlombaan kali ini diikuti oleh siswa-siswi kelas VII sampai dengan kelas IX secara daring.  Oleh karena itu, keterlibatan wali kelas dan mentor juga sangat berdampak positif bagi terciptanya semangat para siswa untuk mengikuti perlombaan ini. Dengan diadakannya kegiatan lomba secara daring, para siswa dapat bekerja sama dengan keluarga mereka. Diharapkan, kerja sama dan relasi para siswa dengan keluarga mereka dapat semakin erat terjalin. Terlebih lagi, kegiatan perlombaan kali ini dapat mengasah kemampuan siswa dibidang teknologi. Sehingga, selain terjalinnya relasi yang erat antara anak dan orang tua, siswa juga dapat semakin terbuka dengan perkembangan teknologi. Kegiatan perlombaan kali ini terdiri dari 4 jenis lomba, yakni lomba menyanyi, lomba menari, lomba poster, dan Pass the Flag Challenge. Para siswa terlihat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Hasil akhir yang didapatkan dari kegiatan lomba kali ini adalah dalam bentuk foto dan video. Oleh karena itu, platform yang digunakan untuk pengumpulan karya-karya siswa adalah Instagram, dengan harapan karya-karya luar biasa dari para siswa mampu membawa dampak positif dan menjadi inspirasi bagi sesama. Bagi yang ingin melihat hasil karya siswa-siswi SMP Kristen Petra 1 yang luar biasa dapat mengunjungi akun Instagram @we.are.trone. Jangan lupa follow, like and share yaa..

Mengenal Sekolah Baru (MPLSPDB) Daring 2020/2021

Setelah liburan usai, para siswa kembali lagi untuk memulai aktivitas bersekolah. Tapi, ada yang berbeda di tahun ini. Dikarenakan adanya pandemi Covid-19, maka seluruh kegiatan sekolah akan dilaksanakan melalui daring atau online. Sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan, sekolah tercinta kita SMP Kristen Petra 1 mengawali dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru) secarara daring bagi siswa baru kelas VII. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat mereka lebih mengenal seperti apa sekolah barunya.

IMG-20200716-WA0017_-_REGINA_SUGIHARTO.jpgWhatsApp_Image_2020-08-04_at_08.46.45.jpegIMG-20200716-WA0051_-_TIFFANY_HENDRAWAN.jpg62F7D4AC-DB7C-4AC1-9E67-EEC5056A0CCC_-_Santo_Halim.jpeg

Hari pertama MPLS diawali dengan pertemuan pertama kali bersama wali kelas dan mentor, kemudian dilanjutkan dengan upacara, prakata Kepala Sekolah SMP Kristen Petra 1, dan Kepala Dinas Pendidikan Surabaya, perkenalan guru dan tenaga kependidikan, pengenalan lingkungan sekolah, tata tertib sekolah, dan sesi tanya jawab bagi siswa baru jika masih ada hal yang perlu diketahui lebih detail.

Pada hari kedua, kegiatan MPLS berlanjut untuk membahas struktur kurikulum, tutorial aplikasi schoology yang menjadi media pembelajaran daring, dan pengenalan Kota Surabaya berupa video yang dikemas secara menarik.

Dihari terakhir MPLS, kegiatan yang dilaksanakan yaitu penjelasan cara belajar efektif, promosi berupa video dari setiap organisasi di SMP Kristen Petra 1 (OSIS, English Club, Tim Persekutuan Doa, Sahabat Perpus, Tim Musik Club, Mandarin Club, Lentera), dan tampilan siswa. Kemudian, diakhir penghujung acara diumumkan sepuluh siswa teladan disetiap masing-masing kelas. Setelah acara tesebut selesai, dilanjutkan dengan upacara penutupan dan ibadah penutup. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Agar seluruh siswa dapat datang dan belajar bersama di sekolah tercinta SMP Kristen Petra 1. Amin.

Kelulusan Siswa Kelas IX SMP Kristen Petra 1: Generasi New Normal

Naik kuda menggunakan pelana
Pelananya yang warna merah
Meskupun terpisah jarak karena korona
Acara tetap meriah

1591961467046.jpgBill.jpg91_Bradley_Widjaja_4.jpgIMG-20200612-WA0005.jpg910_Setio_Giovanni.jpg

Sebuah pantun pembuka yang dibacakan untuk mengawali acara kelulusan siswa kelas IX SMP Kristen Petra 1 tahun ajaran 2019/2020. Kelulusan tahun ini memang berbeda diabanding tahun-tahun sebelumnya karena pandemic Covid-19. Acara yang biasanya dilangsungkan secara meriah di sekolah tahun ini dilaksanakan secara daring. Sekalipun dilakukan secara daring tidak mengurangi kemeriahan acara kelulusan karena dimeriahkan oleh penampilan dance dan nyanyian yang luar biasa dari siswa siswi SMP Kristen Petra 1. Acara awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Ibadah syukur yang dilayani oleh Bapak Pendeta Marojahan Sijabat. 

Setelah ibadah kita masuk ke acara utama yaitu prosesi pengalungan medali dan pengumuman serta penghargaan bagi siswa berprestasi. Juara Umum 1 diraih oleh Braley Widjaja dari kelas IX-1, Juara Umum 2 diraih oleh Sherly Anastasia dari kelas IX-3 dan Juara Umum 3 diraih oleh Fiona Zhang dari kelas IX-3. Selain pengumuman Juara Umum ada juga penghargaan bagi siswa berprestasi OSN, yaitu Kevin Lius Bong dari kelas IX-3, dan penghargaan bagi siswa berprestasi di bidang nonakademik antara lain Tim Basket Putra dan Putri serta Tim Dance di ajang JRBL. Wah.. selamat ya!!

Seusai pengalungan medali dan pengumuman siswa berprestasi acara selanjutnya adalah catatan akhir sekolah. Sebuah video kilas balik perjalanan siswa siswi kelas IX selama bersekolah di SMP Kristen Petra 1. Dalam video catatan akhir sekolah terdapat juga pesan dan kesan dari Bapak Ibu Wali Kelas, perwakilan alumni dan orangtua. Acara ditutup dengan pembacaan janji alumni dan menyanyikan lagu Mars Petra serta persembahan lagu dari Bryant, Rachel, Olivia dan Theophilus. Graduation is not the peak of your journey. This is the new beginning of your next journey because learning is such a never ending process.

Video Pelepasan Siswa Kelas IX Tahun 2019/2020

boost the values reap the success