| |

"Konsisten”

konsisten02.jpgkonsisten03.jpgkonsisten01.jpg

BISA JADI! BISA JADI! YAYAA! Wahh, terdengar sorakan antusias dari teman-teman kami pada hari Sabtu lalu. Setiap hari Sabtu, siswa-siswi Petra selalu mengikuti kegiatan Character Building yang berguna untuk membangun karakter tiap-tiap siswa. Di setiap kegiatan Character Building, kami selalu melalukan berbagai aktivitas yang beragam dan menarik. Berbagai tema telah disampaikan dalam kegiatan CB, seperti contohnya, konsistensi, sebuah karakter yang mungkin susah untuk dilakukan namun diperlukan dalam tiap kita di hidup kita ini. Para guru-guru di Petra selalu mencoba untuk mencari tema dan menyampaikannya se-kreatif mungkin supaya murid-murid tertarik dengan setiap kegiatan CB yang dilakukan. Kemarin Sabtu pada tanggal 10 Mei 2014, CB memiliki tema “Konsistensi”. Awalnya, kami bingung apa arti dan makna sebenarnya dari Konsistensi, apa artinya, ya? Apa yang membuat para guru mengajar kami tentang hal konsistensi? Apa tujuan dari konsistensi?

Ya! Dan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu kami peroleh Sabtu kemarin. Wah, teman-teman, ternyata sikap konsistensi itu berperan penting dalam kehidupan kita. Bersikap konsisten berarti memiliki suatu sikap dalam diri kita untuk selalu berpegang pada prioritas dan jalan yang benar. Ternyata, tanpa disadari, seringkali kita bersikap tidak konsisten dalam pilihan-pilihan yang kita ambil. Contohnya saja, ketika kita akan menghadapi UTS ataupun Ulangan Harian, banyak anak cenderung memilih game daripada belajar dengan tekun. Keesokan harinya, ketika ulangan, mereka memilih untuk berbuat curang, yaitu mencontek. Wah, itu tidak benar teman. Jika seseorang telah menanamkan sikap konsisten dalam dirinya, apapun godaan yang mereka terima, mereka pasti akan memilih untuk belajar dahulu baru melakukan kegiatan lainnya. Dan ketika ulanganpun, meski jika mereka tiba-tiba lupa atau tidak tau sebuah pertanyaan, mereka akan memilih untuk berpikir keras untuk memperoleh jawaban daripada mencontek.

Untuk lebih mengerti tentang sikap konsisten ini, kita melakukan sebuah permainan yang mungkin teman-teman sudah tidak asing mendengarnya, yaitu permainan “YA! TIDAK! DAN BISA JADI!”. Kami semua sangat antusias dalam permainan ini! Permainan ini dimainkan dengan cara di dahi salah satu orang akan ada sebuah kertas berisi tulisan, misalnya MOBIL atau ANJING, orang yang itu harus menebak apa tulisan di kertas itu dengan cara bertanya kepada teman-teman didepannya, misalnya bertanya, “Apa itu kendaraan?”,“Apa itu hewan?”, atau “Apa itu berbulu?”

Orang itu harus bertanya terus sampai dia bisa menebak dengan tepat apa tulisan itu dan yang membuat mainan itu seru adalah teman-teman yang berada di depan orang yang memiliki tulisan di dahi saja yang hanya boleh menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan ya, tidak atau bisa jadi. Mereka tidak boleh memperagakan atau berkata-kata selain ya, tidak dan bisa jadi. Nah, ini yang membuat permainan ini seru, karena mereka ditantang untuk saling mengasah otak dan juga berpikir cepat. Begitu permainan dimulai, kelas langsung menjadi ramai riuh karena suara-suara ya, tidak, dan bisa jadi. Wah, teman-teman saling berlomba, tim mana yang bisa menebak tulisan sebanyak mungkin. Setelah permainan selesai, kami merasa sangat senang dan rasanya seru sekali dapat memainkan permainan seperti itu! WE WANT IT MORE!

Sebelum pulang, beberapa teman kami menuliskan beberapa komitmen atau hal yang akan mereka lakukan sebagai bukti dari mereka akan menerapkan sikap konsisten dalam kehidupan mereka. Wah, teman-teman kita ini berkomitmen sekali. Kita harus salut kepada mereka! Eits, tapi selain teman-teman kita ini, kalian juga harus bisa bersikap konsisten, dong! Memang awal dari sebuah perubahan tidaklah mudah. Tapi kalian tidak boleh menyerah dan harus selalu konsisten dalam menerapkannya juga teman! Jadi jangan menyerah dan tetaplah KONSISTEN!

by:Catherine L. & Shannen V.T

boost the values reap the success