| |

Mematuhi Norma

Tahun ajaran baru telah hadir dan kami menyambutnya dengan penuh semangat. Seperti biasa setiap hari Sabtu kami mendapatkan pembelajaran karakter dengnan tema yang baru yaitu ”Mematuhi Norma”. Tema ini memang tidak asing bagi kami karena kami sering mendapatkannya pada pelajaran PKN dan juga telah mempraktekkan dalam kehidupan kami sehari-hari.

Namun kali ini ada rasa yang berbeda pada saat bapak ibu guru memberikan hal-hal yang berhubungan dengan tema ini. Kami harus mematuhi norma yang ada baik di rumah, sekolah dan masyarakat. Ternyata banyak hal yang masih belum kami ketahui dan banyak hal lagi yang harus kami lakukan. Melalui film yang kami tonton. Sungguh kami lebih menyadari betapa pentingnya norma dalam kehidupan kami.

Sebelum kreativitas di kelas, Pak Kristian menyapa kami denngan renungan dalam tema “Mematuhi Norma”. Kami di ingatkan agar kami tidak menjadi orang yang tidak taat pada aturan ataupun tidak menghormati orang lain. Banyak contoh yang diberikan agar kami lebih memahami norma-norma yang ada. Lebih lagi Bu Hariati mengingatkan kami dalam Morning Devotion agar kami dapat mematuhi norma-norma yang ada baik dalam keluarga, sekolah dan masyarakat. Juga beliau memberikan contoh norma di dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat yang sering kami abaikan. Dengan cuplikan film yang juga mengingatkan kami harus konsekuen dengan aturan-aturan yang kita buat di dalam kelas.

Kami dapat merefleksikan tema ini, pada saat kreativitas, kami diminta membuat mini scrapbook dimana kami membawa koran dan mencari artikel yang berhubungan dengan norma baik contoh norma yang dilakukan ataupun diabaikan. Setelah itu, kami diminta mempraktekkan sosio drama yang temanya mencakup norma-norma yang telah disiapkan oleh bapak ibu guru. Dengan sungguh kami menghayati dan merefleksikan sosio drama ini dengan sepenuh hati. Dengan demikian kami sadar bahwa hidup ini penuh warna dan dengan adanya norma yang ada kami dapt berjalan di track yang benar serta kehidupan kita lebih harmonis baik di dalam keluarga, sekolah dan masyarakat.

norma3.jpgnorma4.jpgnorma5.jpgnorma6.jpgnorma2.jpg

boost the values reap the success