| |

Menepati Janji

menepati-janji02.jpgmenepati-janji03.jpgmenepati-janji01.jpg

"Dong Mei adalah seorang wanita yang berasal dari Cina. Orang tuanya telah meninggal sejak ia masih kecil. Akhirnya, ia dibesarkan oleh keluarga kerajaan. Suatu hari, si tuan muda, Xuan Yu kehilangan ayahnya karena sakit, dan tidak lama kemudian, ibunya juga sakit lalu meninggal. Xuan Yu sangat terpukul akan hal ini, namun Dong Mei berusaha menguatkannya. Sebelum ibu Xuan Yu meninggal, Dong Mei telah berjanji untuk menjaga dan merawat Xuan Yu, serta tidak menikah seumur hidup. Si paman dari Xuan Yu tidak senang dan berusaha untuk menyingkirkan Dong Mei, namun akhirnya Dong Mei tetap teguh menjaga Xuan Yu sampai akhir hayatnya dan juga menampung paman Xuan Yu di rumahnya".

Cerita asli dari Cina itu mengajarkan sebuah nilai moral kepada kami yaitu menepati janji. Janji yang diucapkan, haruslah kami tepati.  Jangan pernah mengucapkan janji apabila tidak dapat menepatinya. Pada hari Sabtu, tanggal 8 Maret 2014, kami, siswa-siswi SMP Kristen Petra 1 mengikuti kegiatan Character Building dengan topik "Menepati Janji".

Hari itu dibagi dua sesi yang sangat bermakna bagi kami yaitu sesi pertama dimulai dari kami menyanyikan Mars Petra dengan begitu semangat dan dilanjutkan dengan kegiatan presentasi tentang menepati janji oleh Bapak atau Ibu Guru Wali Kelas. Kami mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sepenuh hati. Pada kesempatan ini pula kami belajar tentang rela berkorban, tidak berbohong meski untuk kebaikan, mengasihi dan membalas kejahatan dengan kebaikan. Sungguh kami bangga apabila kami dapat melakukan hal-hal yang baik untuk sesama kami.

Selanjutnya, di sesi kedua kami melakukan kegiatan aplikasi. Kami diberi tugas membawa kertas buffalo berwarna-warni untuk membuat sebuah karya yang menarik. Kami diharuskan membuat sebuah bunga, terdiri dari lima kelompok dengan warna yang berbeda, lalu menempelnya di Mirror of Mine beserta dengan bagian tengah dari bunga. Di bagian tengahnya diisi dengan komitmen kami, lalu di kelompoknya diisi dengan janji-janji yang harus kami tepati. Janji adalah sebuah komitmen dalam diri kami untuk dapat melakukan hal-hal yang baik tentunya. Setelah selesai mengerjakannya, kami sangat puas dengan hasil karya kami, semuanya bagus dan memiliki nilai seni dan artistik sendiri, Bravo, Petra!

by:Christian M.B. (9.1/07)

boost the values reap the success