| |

Menimbang Sebelum Bertindak

menimbang01.jpgmenimbang02.jpgmenimbang03.jpg

Pendidikan karakter yang kami dapatkan setiap hari Sabtu sangatlah bermanfaat untuk bekal kami saat kami beranjak dewasa. Tema yang kami dapatkan bervariasi tetapi sungguh mengena di hati kami.  Sabtu, 17 Mei 2014, kami mendapatkan tema “Menimbang sebelum bertindak”. 

Kegiatan ini dibagi dalam 2 sesi, pada sesi 1, kami diajak untuk melihat fenomena tentang segala sesuatu yang akan dilakukan untuk dipertimbangkan terlebih dahulu sehingga mendapatkan hasil yang sangat bermanfaat bagi kami dan tentu saja tidak akan merugikan pihak lain. Banyak kisah yang kami saksikan, contohnya mempersiapkan diri dengan baik ketika akan menghadapi ulangan dan tidak mengandalkan orang lain serta tidak mencari kunci jawaban secara instan. Ajakan dari teman-teman dapat kita pertimbangkan terlebih dahulu. Meskipun kadangkala sangat menggiurkan bagi kami, tetapi berpikir atau menimbang-nimbang mana yang  lebih bermanfaat. Bapak/Ibu implementer memberikan banyak cerita yang sangat berarti dan kami terkesima dengan apa yang diajarkan kepada kami.

Waktu berjalan dengan cepat dan tak terasa kami mendapat giliran untuk berkreasi. Pada sesi ke 2, Kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok mendapat kartu yang isinya bermacam-macam. Kami diminta memperagakan kartu yang telah diberikan implementer di depan kelas tentang bagaimana cara memberikan nasihat kepada teman yang berbuat salah contohnya : ketahuan menyontek,  merokok dan melanggar tata tertib sekolah. Kami merasa lebih dekat satu dengan yang lain pada saat sharing. Kami saling mengingatkan hal-hal mana yang harus kami utamakan. Setelah itu kami menuangkan komitmen kami dalam buku mirror of mind.

Indahnya kebersamaan, ada kalanya kami saling mengingatkan mana yang lebih penting atau lebih baik untuk kami lakukan dan berganteng tangan untuk maju bersama. Semua itu kami aplikasikan dalam kehidupan kami. Thanks Petra 1. Majulah  !!! Tetap semangat !!!! Sukses !!! Go ! Go ! Go !

boost the values reap the success