| |

Kegiatan Sosialisasi UN & Hasil Psikotest

Sosialisasi UN

 

Sabtu 12 Maret 2016, SMP Kristen Petra 1 mengadakan kegiatan sosialisasi UN & hasil psikotest untuk orang tua siswa kelas 9. Kegiatan yang rutin diadakan tiap tahun ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh SMP Kristen Petra 1 untuk menjalin komunikasi dengan orang tua siswa.

Kegiatan di pagi hari itu cukup padat, banyak orang tua siswa kelas 9 yang hadir dan memenuhi Aula lantai 3 SMP Kristen Petra 1. Seluruh orang tua siswa terlihat antusias ketika menyimak dan mengikuti rangkaian sesi yang telah disusun. Sesi pertama dibuka dengan memberikan informasi seputar penyelenggaraan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), mulai dari jadwal, aturan-aturan pelaksanaan, prosentase penilaian hingga proses pelaksanaan yang terbagi menjadi 3 sesi, yang semuanya dijabarkan secara detail oleh Ibu Yurui, S.Pd., M.M. selaku Kepala SMP Kristen Petra 1. Dalam kesempatan itu, Ibu Yurui juga menyampaikan beberapa antisipasi yang akan dilakukan oleh pihak sekolah agar seluruh proses UNBK dapat berjalan dengan lancar. Tidak lupa, Ibu Yurui berpesan kepada orang tua agar dapat memotivasi putra-putri mereka dalam mempersiapkan ujian nasional. Respon dari orang tua sangat positif, banyak diantara mereka yang menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer dan persiapan yang harus dilakukan oleh orang tua agar dapat mendukung putra dan putri mereka. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua sangat peduli dengan putra-putri mereka, terutama karena pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer baru pertama kali ini dilakukan.

Pada sesi kedua, kegiatan dilanjutkan dengan informasi dan penjelasan mengenai hasil psikotest yang sudah diberikan kepada orang tua siswa kelas 9. Penjelasan mengenai hasil psikotest tersebut dipaparkan oleh Ibu Lisa Narwastu, M.P.SDM selaku pakar dalam bidang karier dan perkembangan anak. Pada sesi tersebut, Ibu Lisa menjelaskan bahwa faktor yang paling penting dalam pemilihan karier atau penjurusan siswa adalah komunikasi antara orang tua dan anak. Pada dasarnya tiap bidang penjurusan memiliki bagiannya masing-masing, tidak ada salah satu bidang yang lebih baik antara satu dengan yang lainnya. Masing-masing bidang,  menjadi baik ketika anak menjalani bidang tersebut sesuai dengan kemampuan bakat dan minat anak.

        Pada sesi tanya jawab, sebagian besar orang tua banyak melontarkan pertanyaan yang terkait dengan penjurusan, menyamakan persepsi tentang jurusan IPA dan jurusan IPS yang sudah mulai mengikuti trend masa kini yang lebih modern, serta informasi mengenai bidang karier yang terbaru. Sesi tanya jawab menjadi sebuah sesi diskusi yang cukup menarik, hingga tidak terasa waktu sudah berakhir. Kegiatan pagi hari itu ditutup dengan doa.

boost the values reap the success