| |

 Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan

17 agustus 2016

Merdeka! Merdeka!

Begitulah bunyi gemuruh kemenangan rakyat Indonesia saat terbebas dari penjajahan Belanda. Bunyi gemuruh bersejarah itu terulang lagi pada momen paling penting di seluruh rangkaian sejarah Indonesia, 17 Agustus 1945. Seruan penuh makna itu terdengar dari Sabang sampai Merauke, tidak terkecuali sekolah tempatku meraih ilmu, SMP Kristen Petra 1.

 

Pada hari Rabu, 17 Agustus 2016, seluruh siswa-siswi kelas VII, OSIS dan Bapak/Ibu guru; mengikuti upacara bendera dalam rangka merayakan HUT RI yang ke-71 sebagai peserta upacara di lapangan upacara SMP Kristen petra 1. Pagi yang cerah dengan sinar matahari yang tidak terlalu terik menjadi latar yang sangat cocok untuk mengenang peristiwa bersejarah itu. Kami semua, seluruh peserta upacara, berbaris dengan rapi. Pemimpin-pemimpin regu (Timothy 9.5, Matthew 8.10, Otniel 7.10) menyiapkan barisannya masing-masing. Pemimpin pasukan (James 9.6) menyiapkan seluruh peserta upacara untuk hadirnya Pembina upacara, Ibu Yurui, Kepala Sekolah SMP Kristen Petra 1.

Setelah itu, kami semua menyaksikan pengibaran Sang Saka Merah Putih yang dikawal oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan diiringi lagu Indonesia Raya. Pasukan Pengibar Bendera itu berjalan tegap dengan formasi persegi panjang yang sangat rapi dan simetris. Wow, prok prok prok........ bunyi derap sepatu Pasukan Pengibar Bendera. Derap kaki mereka terdengar mantap ketika mereka berjalan dari kiri lapangan ke kanan, dan berputar kembali ke kiri lagi; membuat seluruh peserta upacara terkagum-kagum.

Kami lalu melafalkan isi Pancasila, mendengarkan pembacaan teks proklamasi yang dibacakan oleh Bapak Evan, mendengarkan pembacaan teks pembukaan UUD 1945 dan mendengarkan amanat dari Ibu Kepala Sekolah. Setelah itu, kami menyanyikan beberapa lagu wajib dan berdoa yang dipimpin oleh Ibu Ivana.

Indonesia memang sudah merdeka, namun masih belum sejati. Kami rindu untuk melihat Indonesia yang merdeka secara sejati, yaitu kebersatuan berbagai elemen masyarakat Indonesia. Ayo, jangan kita sia-siakan perkembangan pendidikan di Indonesia yang sudah pesat akhir-akhir ini dengan kebanggaan berlebih akan golongan sendiri! Mari, kita memulai untuk menyatukan Indonesia dengan berperan sebagai murid ataupun guru dan melakukan peran kita dengan yang terbaik!

Ayo, tumbuhkan solidaritas dan penghargaan akan perbedaan agar Indonesia mencapai kemerdekaan yang sejati!

boost the values reap the success