| |

LAYANAN ORIENTASI SISWA

LOS 1819

Tidak terasa, tahun ajaran baru sudah dimulai lagi. Seperti biasanya, para siswa kelas 7 SMPKristen Petra 1 melaksanakan Layanan Orientasi Siswa. Kali ini, Layanan Orientasi Siswa atau yangbiasa disebut L.O.S dilaksanakan pada 16-18 Juli 2018. L.O.S sendiri dilaksanakan bertujuan agarsiswa-siswa baru dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru.

Senin (16/7/18), baik siswa kelas 7 maupun pengurus-pengurus organisasi sekolah sudah siapuntuk melaksanakan L.O.S hari pertama. Hari itu, upacara pembukaan mengawali pelaksanaan L.O.S2018. Kemudian, siswa kelas 7 diperkenalkan dengan para guru dan karyawan SMP Kristen Petra 1.Selanjutnya, beberapa kelas lanjut untuk berkeliling lingkungan sekolah. Kelas-kelas yang lainmendengarkan ceramah tentang Tata Tertib Sekolah dan Program Kurikulum. Saat jam istirahat, adabeberapa siswa yang mengisi perut kosong mereka. Siswa lainnya sibuk mencari tanda tangan guru-guru, karyawan, dan kakak-kakak pengurus organisasi sekolah. Siswa kelas 7 juga sempat dikenalkantentang Kota Surabaya. L.O.S hari pertama diakhiri dengan ibadah penutup yang dipimpin oleh timPersekutuan Doa SMP Kristen Petra 1.

Hari kedua L.O.S diawali dengan Tes Matrikulasi. Lalu, dilanjutkan dengan outbond, latihanPBB, dan senam yang dibagi menjadi 3 sesi karena jumlah siswa kelas 7 yang cukup banyak. Saat kegiatan outbond, seluruh siswa mengikuti dengan sangat antusias. Hal tersebut terlihat sangat jelas dari wajah para siswa kelas 7. Para siswa kelas 7 juga cukup tertib saat latihan PBB. Mereka jugaberusaha dengan baik agar dapat mengikuti arahan dari guru pembina. Saat mengikuti kegiatansenam., mereka sangat antusias dan dapat mengikuti gerakan-gerakan yang dicontohkan oleh guru-guru pembina. Seperti hari pertama, hari kedua L.O.S juga ditutup dengan ibadah.Setelah 2 hari, akhirnya hari terakhir L.O.S tiba. Kegiatan L.O.S hari ketiga diawali denganceramah tentang Cara Belajar Efektif. Lalu, para siswa kelas 7 mempersiapkan penampilan merekauntuk Talent Show di siang harinya. Karena sudah hari terakhir, para siswa kelas 7 semakin sibukuntuk mengejar target tanda tangan kakak pembina, guru-guru, dan karyawan saat jam istirahat.Setelahnya, acara yang ditunggu yaitu Talent Show dimulai. Tiap kelas menampilkan penampilanterbaik mereka. Ada yang menari ballet dengan sangat indah. Ada juga yang menyanyi, menari,drama, dan lain-lainnya.

Karena di hari pertama sudah dilaksanakan Upacara Pembukaan, belum pas rasanya kalautidak ada Upacara Penutupan. Setelah berbagai penampilan di Talent Show, upacara penutupandilaksanakan. Di Upacara tersebut diumumkan juga King & Queen yang dipilih melalui berbagaipertimbangan. Dari tiap kelas juga terpilih 10 siswa dengan sikap yang baik dan nilai yang baik dalamtes matrikulasi. Hari itu, ibadah penutup juga dilaksanakan dan dipimpin oleh tim persekutuan doadengan pembawa firman Bapak Panca.Puji Tuhan, acara L.O.S 2018 SMP Kristen Petra 1 dapat berjalan dengan baik. Tidak hanyasemata-mata karena kerja sama guru-guru, kakak-kakak pembina, karyawan, dan siswa kelas 7.Tetapi, semua itu hanya dapat terjadi karena penyertaan Tuhan dalam pelaksanaan L.O.S 2018 ini.

Disusun oleh: Mavelyn Phoebe (IX-3/19)

boost the values reap the success