| |

Morning Devotion - Bullying

md_bullying_03.jpgmd_bullying_01.jpgmd_bullying_02.jpg

Kembali lagi Morning Devotion menyapa kami, tepatnya pada tanggal 28 Maret 2014. Ibu Dra. Hariati Santoso, M.Pd kembali memberikan pendidikan karakter dengan menggunakan iMac dan LCD, fasilitas berteknologi tinggi yang dimiliki SMP Kristen Petra 1 Surabaya.

Tema yang dibawakan oleh Ibu Hariati kali ini berkaitan dengan perbuatan yang mungkin dilakukan kepada orang lain dan mungkin hal itu tidak disadari, yaitu bullying. Bullying adalah tindakan menyiksa, menekan keadaan fisik maupun psikis seseorang dan menyudutkan posisi seseorang. Bullying bukan merupakan tindakan yang tidak terpuji.

Namun, sebenarnya kata bully yang merupakan kata dasar bullying dulu artinya tidak sama dengan yang sekarang. Bully yang dulu artinya adalah mengasihi, kakak, keluarga, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kasih. Namun, sekarang bullying artinya menekan dan menyiksa orang lain.

Dalam Morning Devotion kali ini, Ibu Hariati menyampaikan ada 3 macam bullying. Yang pertama adalah physical bullying, yaitu bullying dalam bentuk fisik, seperti memukul, bertengkar, dan lainnya. Yang kedua adalah verbal bullying, yaitu bullying dalam bentuk kata-kata, perkataan, seperti mengejek, menghina, menuduh yang tidak-tidak, dan banyak lagi. And the last, but not least, relationship bullying. Bullying yang satu ini juga bukanlah bentuk bullying yang dapat dianggap remeh.

Lalu, bagaimana sikap kita kalau kita dibuli? Jawabannya adalah.... Stay cool, don't act too much, keep steady. Tetaplah tenang, abaikan, dan kalau sudah parah, laporkan dan ceritakan pada guru atau pihak yang lebih dewasa dan bijaksana.

Tapi, kalau kita yang membully dan kita ingin berubah, bagaimana? Caranya yang pertama adalah say sorry alias katakan minta maaf pada orang yang telah kita bully. Mungkin kita tidak akan dipercaya, tapi paling tidak kita telah mencoba. Yang kedua, ceritakan pada guru BK kalau itu diperlukan.

Dan, sebagai penutup dari Morning Devotion kali ini, Ibu Hariati memberikan sebuah video yang berkaitan dengan bullying. Video ini mengatakan bahwa jangan membully orang lain, dan kalau kita dibully, janganlah kita terintimidasi, we're teenage survivors, seorang remaja yang tahan uji, tahan uji terhadap berbagai macam bully.

Bu Hariati juga tidak lupa untuk memberikan golden rule. The golden rule of the day are: Treat others the way you want to be treated. Stand up for someone when he or she needs it, and when you need it, someone will stand up for you. And, stop bullying or you'll regret it. Thanks, Ms. Hariati for your advice! Bravo P1!

by:Christian M.B. (9.1/07)

boost the values reap the success