| |

Parenting: Bullying & Bullied

Pada kesempatan ini, SMP Kristen Petra 1 kembali mengadakan kegiatan parenting bagi orang tua siswa kelas 7, 8 dan 9. Sebelumnya mengangkat tema tentang “pornografi”, kali ini tema yang diangkat adalah “Bullying & Bullied”. Tema yang sedang menjadi trending topic ini diangkat untuk memberikan informasi dan pemahaman lebih dalam lagi kepada orang tua siswa tentang apa itu bullying dan beberapa kasus yang sering terjadi di kalangan siswa.

Dalam kegiatan parenting yang disampaikan oleh pdt. Deddy Gunawan Satyaputra, S.Th dibahas mengenai School Bullying dan Cyber Bullying. Ini merupakan 2 bentuk kekerasan yang seringi terjadi pada siswa. School bullying merupakan perilaku agresif di sekolah yang dilakukan berulang kali oleh seorang/sekelompok siswa yang memiliki kekuasaan terhadap siswa/siswi lain yang lebih lemah dengan tujuan menyakiti orang tersebut. Sedangkan Cyber Bullying merupakan semua bentuk kekerasan terhadap anak atau remaja dan dilakukan oleh teman sebaya melalui dunia cyber atau internet. Bentuk kekerasan tersebut bisa berupa diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan oleh anak atau remaja lain melalui media internet, teknologi digital atau telepon selular.

Kegiatan parenting yang berlangsung di ruang media lantai 3 SMP Kristen Petra 1 tersebut dirasakan cukup singkat bila melihat antusiasme orang tua siswa ketika mendengarkan dan berdiskusi mengenai permasalahan tema tersebut. Orang tua tidak hanya melakukan dialog tanya jawab, namun ada orang tua yang melakukan sharing pada orang tua siswa yang lain mengenai pengalaman pribadi maupun pengalaman yang pernah ia temui dalam kehidupan sehari-hari. Hingga akhir acara, beberapa orang tua masih memiliki pertanyaan dan sebagian besar dari mereka berharap akan ada kegiatan parenting lanjutan yang juga membahas topik mengenai bullying. Sehingga mereka mendapatkan pengetahuan lebih dan tahu bagaimana mengatasi permasalahan tersebut.

bullying.jpg

boost the values reap the success