| |

Pentingnya bergaul dalam lingkup sosial

parenting03.jpgparenting02.jpgparenting01.jpg

Salah satu kegiatan yang di agendakan dalam kegiatan kami, yaitu selain kami mendidik para siswa,  juga bekerja sama dengan orang tua siswa melalui undangan yang biasanya disebut Parenting.  Dalam kegiatan tersebut, kesan pertama yang diberikan orang tua seusai kegiatan parenting di sekolah kami adalah sangat menarik dan bermanfaat bagi para orang tua.

Mereka memberikan masukan supaya kegiatan parenting seperti ini sering dilaksanakan kalau bisa satu bulan sekali atau tiga bulan sekali. Kegiatan parenting di sekolah kami kali ini, diselenggarakan pada Sabtu, 23 Februari 2013, terbagi dalam 2 sesi yaitu pukul 07.00 - 09.00 WIB untuk sesi I, sedangkan sesi II pukul 09.30 - 11.30 WIB, dengan menghadirkan nara sumber Pdt. Irwan Hidayat, M.Pd.

Parenting ini bertema: Pendampingan Anak terhadap Dampak IT dalam Pergaulan.  Tujuan kegiatan ini, yaitu membangun kerjasama antara sekolah dan orang tua dalam mendampingi anak, terutama pada era IT seperti saat ini. Materi pembahasan parenting ini tentang pentingnya bergaul dalam lingkup sosial (keterampilan sosial), pentingnya bergaul dalam lingkup sosial tersebut meliputi: berkomunikasi verbal maupun non verbal, berinteraksi dan berperilaku dengan atau terhadap orang lain.

Hal tersebut dapat dipelajari dan dikembangkan sehingga berguna bagi diri sendiri dan tidak menyakiti atau merugikan orang lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah keluarga, lingkungan, kepribadian, kemampuan menyesuaikan diri, pendidikan, dan perkembangan teknologi. Pembicara memaparkan dampak IT terhadap pergaulan, yaitu:
1. Self centered (Egosentris).
2. Cyber Bullying (mengolok, mengejek).
3. Stranger-danger (bahaya dari orang asing).
4. Cyber stalking(Incaran tindak kejahatan).
5. Impulsif-agresif (Game: tokoh/pemainnya mengandung kekerasan, kasar, dan agresif, terekspresikan melalui tutur kata, sikap dan tindakan.
6. Ancaman secara seksual.
   - perubahan dalam menyikapi permasalahan seksualitas.
   - perubahan relasi sosial dengan teman lawan jenis.
         
Menurut pembicara, yang dapat dilakukan oleh orang tua dan guru yaitu:
1. Memberi keteladanan yang nyata.
2. Mengajar, melatih, membiasakan, dan mendisiplin.
3. Menyediakan sarana berlatih (menciptakan iklim).
   - keluarga yang demokratis.
   - permainan dan tekhnologi yang tidak hanya individual tetapi komunal.
   - iklim belajar co-operative learning.

Dengan parenting ini diharapkan orang tua tidak acuh tak acuh terhadap aktivitas anak, tetapi memberikan pengertian dan arahan yang benar, sangat penting dan diperlukan. Orang tua harus memperbaharui (update) informasi tentang perkembangan tekhnologi yang bersentuhan dengan anak misalnya: game online, gadget.

Jadikan anak sebagai teman/sahabat, sehingga komunikasi dengan mereka lebih nyaman dan tidak kaku, anak merasa aman untuk cerita apapun yang dialami, sehingga tidak mencari pelarian dalam bentuk-bentuk yang kontraproduktif.
SELAMAT MENJADI SAHABAT ANAK ANDA .

boost the values reap the success