| |

Retret Siswa : Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

retret2013Pelajaran berharga bisa kami peroleh di mana saja dan kapan saja, bahkan dimulai sejak kami dilahirkan. Setiap pelajaran tentu membuat kami belajar bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Begitu pula saat kami, siswa-siswi SMP Kristen Petra 1, mengikuti retret gelombang I, II dan III, yang dilaksanakan pada tanggal 22-31 Juli 2013. Bermula dalam perjalanan menuju tempat retret, Griya Kusuma Indah, Pacet, di dalam bus kami sangat gembira, bersosialisasi dengan teman, saling berbaur satu dengan yang lain, bermain bersama, dan saling berbagi makanan.

Setiba di tempat retret kami merasa lebih akrab lagi dengan teman-teman. Tak hanya itu, kami juga belajar bagaimana bekerja dalam kelompok dengan pendapat yang saling berbeda namun dalam waktu yang singkat harus sudah memiliki keputusan bersama, yaitu pada sesi presentasi. Sesuai dengan tema retret ini, Silent Killers, seluruh peserta retret mendapat tugas untuk mempresentasikan tugas kepada para guru dan teman-teman. Kegiatan ini mengajarkan banyak hal, mulai dari melatih keberanian untuk percaya diri, berkomunikasi dengan orang lain, berdiskusi bersama, hingga melatih tutur kata yang baik dan benar selama mempresentasikan tugas tersebut. Selain itu, melalui tema ini, kami ditunjukkan akan berbagai macam perkara yang sangat mengerikan, seperti pornografi, teknologi, pergaulan bebas, serta narkoba yang merupakan perkara yang sangat berbahaya dalam kehidupan kita dan menjadi pembunuh yang  tidak kita sadari. Selain pemahaman tentang macam-macam sillent killers kami pun diberi beberapa cara yang dapat membantu kami untuk mencegah ‘pembunuh-pembunuh’ tersebut, di antaranya adalah perlu adanya penjagaan diri sejak muda, senantiasa berdoa, dan memuji nama Tuhan.

 retreat2013 02

Hari-hari selama retret selalu kami awali dengan renungan pagi, mensyukuri atas anugerah yang Tuhan berikan kepada kami, dan dilanjutkan dengan berolahraga agar badan kami senantiasa sehat. Games outbound yang dipersiapkan sangatlah menarik. Kekompakan, kerja sama, dan  pemecahan masalah, sangat diperlukan dalam games ini. Sesi-sesi yang ada sangat bermanfaat bagi kehidupan kami.

Hari terakhir retret, kami awali dengan saat teduh dan sharing bersama untuk merefleksikan apa yang telah kami dapat selama kami mengikuti retret. Kegiatan ini pun diakhiri dengan ibadah penutup. Kami merasa sedih karena ini hari terakhir kami berkumpul bersama di tempat ini. Namun di balik itu semua, kami mendapat hal yang sangat penting, seperti belajar bersosialisasi, serta menyadari hal-hal apa saja yang patut kami lakukan ataupun hindari.

 

by: Christia Aphrodita N.

boost the values reap the success