| |

Perlombaan OOTD Kartini’s Day

Hai guys! Perkenalkan namaku Naomi. Aku dari kelas 7.2 SMP Kristen Petra 1 Surabaya. Kali ini aku ingin berbagi pengalaman nih selama ikut perlombaan OOTD Kartini’s Day tanggal 21 April 2021.

image 1

Awalnya, aku tidak ada rencana  untuk ikut lomba ini. Tapi saat itu seluruh siswa SMP Kristen Petra 1 Surabaya pada tanggal 21 April 2021 diwajibkan memakai baju adat atau batik. Jadi, saat itu, aku hanya memikirkan memakai kostum dan atribut daerah yang ada di rumahku. Kebetulan saat itu aku punya hiasan rambut Bali dan kebaya modern. Aku berterima kasih kepada ms Ana dan ms Eli. Mereka yang memotivasiku untuk ikut lomba ini, mereka bilang kalau kostumku bagus.

image 2

Foto OOTD peringatan Hari Kartini aku ambil dirumah temanku yang bernama Chena. Dia asli dari Bali yang rumahnya bertema Bali dan juga memiliki Pura, tempat dia dan keluarganya untuk berdoa. Mamaku mengantarkanku ke rumah Chena. Dengan bantuan mama Chena, aku didandani seperti gadis Bali, bahkan rambutku juga dikepang ala Bali. Tidak hanya itu, aku dipinjami baju oleh Chena lengkap dengan aksesoris rambut, bros baju, dan selendang berwarna pink yang diikat di bagian perut. Sesuai dengan kostum saat orang Bali berdoa di Pura. Mama Chena membuatkanku bokor yang berisi bunga kamboja dan dupa yang dibakar. Hem... harum sekali baunya. Aku tidak menyangka sampai selengkap itu, aku berpikir fotoku pasti akan sangat aesthetic.

image 3

Pura tempat aku foto, tidak sembarangan orang boleh masuk, apalagi kalau sedang berhalangan. Makanya aku hanya bisa foto dari kejauhan. Aku menghormati tradisi keagamaan mereka dan tidak ingin melanggarnya, hormat menghormati antar umat beragama harus tetap dijaga, agar Indonesia  tetap satu dan kuat.

image 4 image 5

 Puji Tuhan saat pengumuman, di luar dugaan aku menang dalam lomba OOTD Kartini’s Day 2021 kali ini. Terimakasih buat semua guru, teman dan semuanya yang telah mendukungku dalam lomba kali ini. Sekian pengalamanku mengikuti lomba OOTD, maafkan jika ada kata-kata yang kurang berkenan ya. Tuhan Yesus Memberkati.

Naomi Cindy Novelina

Instagram : @naomicindy2007

 

Meraih Prestasi The Competition 9’ 2K21

WhatsApp Image 2021 03 15 at 15.09.56 Haloo semua, perkenalkan nama saya Clarissa Profitia Iskandar dari SMP Kristen Petra 1. Saat ini saya duduk di kelas VII-10. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman meraih juara 1 dalam kompetisi Bahasa Inggris The Competition’9.

The Competition’9 merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh SMAN 9 Surabaya. Saya tidak mengikuti kompetisi ini sendirian karena harus ada 2 orang dalam satu tim. Saya ditemani oleh Darren Hugo sebagai rekan satu tim, nama tim kami adalah Golden Thoughts.  Saya dan Darren menjadi satu tim dalam mengikuti kompetisi Bahasa Inggris The Competition’9 agar dapat melengkapi kemampuan masing-masing. Karena dalam kompetisi ini tidak cuma membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik tetapi juga harus dapat berbicara di depan umum.

Sebelum mengikuti kompetisi, kami dibimbing oleh guru-guru Bahasa Inggris di sekolah meskipun melalui Zoom.  Pelatihan dari sekolah tidak hanya membantu meningkatkan pengetahuan tetapi juga untuk mempersiapkan mental kami dalam berkompetisi. Selama mengikuti The Competition’9 kami menghadapi berbagai kendala, seperti pada babak penyisihan dimana tim kami harus mengulang pertandingan karena skor yang sama dengan tim sekolah lain. Kemudian kami juga mengalami malalah teknis saat moodle tiba-tiba down. Namun dengan pertolongan Tuhan kami behasil melewati semua kesulitan itu hingga sampai pada babak final. Saya sangat gugup saat babak final, namun dengan kemampuan Darren dalam berpidato membuat juri tepukau dan akhirnya tim Golden Thoughts meraih juara pertama. Terima kasih atas anugerah Tuhan dan juga miss serta mister yang telah melatih dan mendampingi kami di sekolah. Sampai jumpa di kompetisi yang lain. God Bless You

WhatsApp Image 2021 03 29 at 07.20.59

oleh Clarissa dan Darren

Semua Berkat Pertolongan Tuhan

WhatsApp Image 2021 01 28 at 07.51.05Pada waktu itu saya melihat pesan dari wali kelas saya, di grup Whatsapp kelas. Pesan itu  mengenai lomba poster dan fotografi yang diadakan oleh SMK Petra.  Saya sebenarnya tertarik untuk mengikuti lomba poster karena saya suka menggambar. Tetapi batas pengumpulan karyanya sudah dekat. Awalnya saya memutuskan untuk tidak ikut. Saya ragu bisa membuat karya dengan baik.

Namun saat mengikuti zoom pembelajaran, wali kelas dan mentor  memberi semangat kepada anak-anak untuk berpartisipasi dalam lomba tersebut. Saya pun jadi bersemangat dan berubah pikiran. Tapi saya belum memiliki ide apapun waktu itu, jadi saya tidak berani mendaftar.

Hal pertama yang saya lakukan adalah membawanya dalam doa. Beberapa saat kemudian, saya mendapatkan ide untuk poster yang lucu, menghibur, namun tetap membawa pesan untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi covid-19 sesuai dengan tema yang diberikan.

Tanpa berlama-lama, saya segera menggambar komik, lalu mengedit, dan menata poster secara digital. Waktu menunjukkan pukul 9 malam saat poster saya selesai. Saya langsung mengisi form pendaftaran dan mengirimkan file poster saya. Karena  sudah lelah dan mengantuk, saya lupa mengganti nama file sesuai dengan format yang ditentukan. Keesokan harinya saya berusaha menghubungi Ibu guru dari SMK Petra untuk merevisi nama file poster saya yang keliru itu. Untungnya file saya masih bisa terselamatkan.

Saat yang dinanti pun tiba. Tanggal 8 Januari, saya mengikuti zoom Virtual Open House SMK Petra. Acara zoom sangat menarik dan bermanfaat, meliputi perkenalan SMK Petra, webinar “How to start a youtube channel”, kuis, dan juga pengumuman hasil lomba.

Saya tidak menyangka karya saya ditampilkan di layar sebagai juara 1 lomba poster. Saya sangat bersyukur. Semua karena pertolongan dan penyertaan Tuhan. Juga keluarga, Bapak dan Ibu guru, serta teman-teman selalu memberi dukungan dan semangat untuk saya terus berkarya.

(Damion Deven – SMP Kr. Petra 1 – Kelas VII.7)

Kendrick Lius Bong, Peraih Medali Emas KSN SMP IPA Tahun 2020

image 001Kendrick Lius Bong yang disapa akrab dengan panggilan, Kendrick merupakan siswa yang menggemari pelajaran IPA. Saat Kendrick menjadi siswa kelas VII hingga kelas VIII, Kendrick mengikuti berbagai lomba untuk mengasah kemampuan dan memperluas pengetahuannya dalam bidang IPA. Beberapa lomba yang pernah diraih oleh Kendrick yaitu, Bioethanol-Universitas Jember meraih juara harapan 1 (bidang biologi), BO19 -Universitas Negeri Malang meraih juara harapan 1(bidang biologi), Topcop-UGM meraih juara harapan 1 (bidang fisika), Himso jenjang SMP memperoleh Medali Emas (bidang fiSsika dan biologi), Gebyar GIS-UNESA memperoleh juara 1 (bidang fisika dan biologi), Kompetisi Biologi ITS meraih juara 3, dan beberapa lomba lainnya tingkat kota seperti Astec 2019, Competition 9, Cosmic 2019, Leo x Limit 2020, dan Kosayu. Dengan berbagai lomba yang diikuti dan kemenangan yang diraih, Kendrick menjadikannya sebagai salah satu modal untuk mempersiapkan diri mengikuti KSN (Kompetisi Sains Nasional) dan optimis meraih kemenangan.

Namun, karena adanya peristiwa covid-19 maka Kompetisi Sains Nasional ditunda dan kompetisi tersebut nantinya dilaksankan secara online. Tetapi, hal tersebut tidak menjadi suatu alasan bagi Kendrick untuk menyerah. Kendrick tetap melakukan persiapan dengan cara belajar sedikit demi sedikit, banyak mengerjakan latihan soal fisika, dan membaca setiap hari untuk bidang biologi. Keluarga Kendrick juga memberikan dukungan dengan mendampinginya saat pelatihan dari sekolah secara online. Dalam pelatihan secara online, Bapak serta Ibu guru pengajar memberikan bimbingan untuk memecahkan soal dalam tingkat yang rumit dan memberikan pengajaran pratikum melalui zoom.

Puji Tuhan…..melalui segala proses yang dilalui Kendrick dan dengan tekun berdoa, Kendrick yang menjadi perwakilan SMP Kristen Petra 1 berhasil meraih Medali Emas KSN IPA dan kemenangan ini menjadi motivasi bagi Kendrick untuk menjadi siswa yang terus berprestasi.

Kasayu Intellegence Competition

IMG20200210103050.jpgIMG20200210102931.jpgIMG20200210102937.jpgIMG20200210103055.jpgIMG20200210101037.jpgIMG20200210101039.jpg
 

Kompetisi akademik adalah bagian dari meningkatkan dan menunjukkan kemampuan diri. SMP Kristen Petra 1 sellalu mewadahi upgrading skills dan knowledge dengan mengirimkan perwakilan untuk mengikuti kompetisi akademik dan nonakademik. Salah satu kompetisi yang diikuti kali ini adalah KIC (Kosayu Intellegence Competition) yang dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Februari 2020 di Malang.

Kompetisi yang diadakan di SMAK Kolese Santo Yusuf Malang ini mengantarkan perwakilan SMP Kristen Petra 1 menjadi pemenang. SMP Kristen Petra 1 meraih kemenangan pada kompetisi bahasa Inggris dan MIPA. Bahasa Inggris yang awalnya membawa 2 tim, 1 tim berhasil membawakan kemenangan dengan meraih juara 3 atas nama Vederico Chandra dan Nicholas dari kelas IX-6. Untuk meraih juara 3 saja tidak mudah karena harus bersaing dengan sekitar 20 tim dari beberapa sekolah. Menurut Vederico dan Nicholas, kompetisi yang diadakan di Malang ini merupakan kompetisi yang sulit. Mereka harus berjuang keras mempersiapkan segala sesuatu dengan upaya keras sembari berharap pada kompetisi berikutnya mereka dapat meraih juara 1.

Pada kompetisi MIPA, SMP Kristen Petra 1 meraih juara 1 dan 2. Juara 1 kompetisi MIPA atas nama Kevin Lius Bong dan Elbert dari kelas IX-3 serta Ben Robinson dari kelas VII_6. Juara 2 kompetisi MIPA atas nama Sherly Anastasia dari kelas IX-3, Kendrick Lius Bong dari kelas VIII-2, dan Matthew A., dari kelas VII-7. Pada bidang MIPA persaingan yang dilakukan cukup ketat karena pada babak final sesama SMP Kristen Petra 1 masing-masing ingin menjadi yang pertama.

Sungguh luar biasa, Praise The Lord.... Sangat bersyukur SMP Kristen Petra 1 mendapat kemenangan dalam KIC. Kemenangan ini pun tidak terlepas dari perpanjangan tangan Tuhan melalui Bapak/Ibu guru yang membimbing, memotivasi, dan mendampingi dalam proses pembelajaran dan selama kompetisi berlangsung. Terima kasih Tuhan atas kemenangannya. Maju Petra 1!!

boost the values reap the success