| |

“Kalau Sudah Sampai Sini Nanggung” Berjuang Keranah Internasional

IMG 0331Cowok berkulit putih dan punya hobi futsal serta gambar menorehkan prestasi yang membanggakan. Kevin Lius Bong yang sering disapa, Kevin merupakan salah satu siswa kelas IX.3 di SMP Kristen Petra 1. Cowok kelahiran Surabaya, 24 Maret 2005, merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Dalam kesehariannya Kevin disibukan dengan les dan belajar. Selain itu, menjadi anak remaja Kevin tidak lupa meluangkan waktunya untuk bermain games atau main bersama teman-temannya. Kevin merupakan salah satu siswa yang tergolong aktif bersosialisasi dengan teman-temanya.  

Sejak masuk SMP Kevin telah menyumbangkan piala yang telah didapatkan selama mengikuti lomba. Fokus perlombaan yang Kevin ikuti yaitu bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Prestasi yang pernah Kevin ikutin anatara lain, SSO di jombang dengan lomba MIPA juara tiga, NUVO di Univeristas Malang dengan lomba Fisika  juara dua, menjadi finalis FOTON lomba Fisika di Universitas Surabaya, Astek lomba IPA di Sekolah Al. Hikmah juara empat, SMA 9 Surabaya lomba Biologi juara tiga, ISO di SMA 13 Surabaya lomba MIPA juara satu, S2LC di SMA 5 Surabaya lomba Fisika matematika juara satu, dan OSN IPA tingkat Nasional mendapatkan medali perunggu. Selain itu, Kevin merupakan siswa yang tidak pelit untuk membagi ilmunya kepada teman-temannya.

23 Juni 2019 Kevin Lius Bong berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti lomba OSN IPA tingkat Nasional dan harus bersaing dengan 136 peserta. Selama kurang lebih 2 minggu Kevin mengikuti lomba tersebut. 6 Juli 2019 Kevin kembali ke Surabaya dengan mengalungkan mendali perunggu di ajang OSN IPA tingkat nasional merupakan prestasi yang sangat berkesan bagi Kevin walaupun, sebenarnya dia mengharapkan mendapatkan medali emas di ajang tersebut. Persiapan Kevin untuk mencapai tahap nasional tidaklah mudah, karena Kevin harus bersaing dengan peserta lain yang memiliki bakat yang tidak jauh beda dengan Kevin. Selama seleksi untuk OSN IPA tingkat nasional, Kevin merasa takut ketika harus ikut seleksi tingkat provinsi karena menurut Kevin belum mengenal dan mengetahui saingannya. Dalam seleksi tingkat provinsi, setiap kabupaten mengirimkan tiga peserta. Oleh karena itu, Kevin lebih giat belajar dan les bahkan, di tempat Kevin mengikuti pendalaman materi (les) hanya Kevin siswa SMP sedangkan teman-temannya siswa SMA.

Kevin merupakan salah satu anak yang memiliki model belajar yang tenang agar bisa fokus. Saat ini, Kevin duduk di kelas IX yang seharusnya juga mempersiapkan untuk Ujian Nasional (UN). Akan tetapi, karena berkat-Nya Kevin pulang membawa medali perunggu, dia harus mempersiapakan untuk tingkat internasional. Menurut Kevin saat ini sedang fokus mempersiapakan seleksi untuk masuk dalam International Junior Science Olympiad (IJSO) yang akan diadakan di Bandung 4 Agsutus 2019 mendapatang. Perasaan yang dirasakan saat ini yaitu Kevin cukup percaya diri untuk mengikuti seleksi tahap ini. Karena saingannya hanya sedikit dan peluang Kevin untuk lolos di enam besar dan bisa mewakili Indonesia. Akan tetapi, Kevin tetap bisa mengatur waktu untuk belajar di sekolah dan mengerjakan tugas-tugasnya. Motivasi yang selama ini Kevin pegang yaitu semuanya wajib dijalanin dan pesan dari orangtuanya yaitu kalau sudah melangkah sampai sini wajib diselesaikan karena nanggung kalau cuma sampai sini.

boost the values reap the success